oleh

Gerakan Tektonik Lemah, Pantura Tangerang Jauh dari Tsunami

Tangerang7.com, Mauk – Daerah pantai utara (pantura) Kabupaten Tangerang seperti Tanjung Kait masih tergolong aman dari potensi gempa dan tsunami. Daerah ini dekat Laut Jawa yang gerakan tektonik lempeng bumi bawah lautnya lemah.

“Tanjung Kait kan masih Laut Jawa, jadi sudah tidak terlalu aktif. Lempengannya sudah lama tidak bergerak-gerak, jadi gempa-gempa besar sudah jarang sekali terjadi,” kata Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II Ciputat Sutiyono, Sabtu (05/01/2019).

Menurut Sutiyono, kecil kemungkinan potensi lokal tsunami terjadi di Laut Jawa. Namun Sutiyono menegaskan bahwa daerah tersebut masih berpotensi terkena dampak tsunami dari wilayah luar meski intensitasnya tidak terlalu tinggi.

“Tetapi jangan salah, jika terjadi tsunami di wilayah laut Filipina misalnya, bisa saja merembet meskipun dampaknya kecil,” jelasnya.

Di Laut Jawa termasuk Pantai Tanjung Kait sendiri belum dipasang alat pendeteksi tsunami atau buoy. Menurut Sutiyono, hal itu dikarenakan potensi terjadi tsunami di daerah tersebut kecil dan lebih memprioritaskan pemasangan alat tersebut di titik-titik yang lebih rawan terjadi tsunami. (isb/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya