oleh

Ganja Cair dari Amerika; Pesan Lewat Online, Bayarnya Pakai Bitcoin

Tangerang7.com, Serpong – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tangsel mengungkap pengiriman ganja cair asal Amerika. Narkotika dengan nama Tetrahydrocannabinol/THC ini dikemas dalam bentuk paket berisi tisu. Barang haram itu dikirim lewat kantor pos dan ditujukan ke alamat seseorang di salah satu perumahan wilayah Kota Tangsel.

“Biasanya THC cair yang diimpor ke Indonesia dalam bentuk liquid. Namun kali ini barang haram tersebut dikemas dalam bentuk tisu,” ujar Kepala BNN Provinsi Banten Brigjen Pol Tantan Sulistyana, dalam keterangan pers di Kantor BNN Tangsel, Kamis (31/1/2019).

Selain barang bukti seberat 7,2094 ganja cair, BNN juga mengamankan seorang pria berinisial AD alias K. Tantan mengatakan, penangkapan dipimpin oleh Kepala BNN Kota Tangsel AKBP Stince Djonso pada Selasa (22/1/2019).

Menurut Tantan, keberhasilan BNN Kota Tangsel ini merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak di antaranya petugas Bea Cukai, Kantor Pos Pusat Jakarta Unit P2, serta Kantor Pos Curug Tangerang.

“Anggota BNN Kota Tangerang Selatan melakukan penyelidikan untuk mengetahui pemilik paket pos berisi Tetrahydrocannabinol dari Amerika Serikat ini selama kurang lebih tiga bulan,” jelas Tantan.

Menurutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan, narkotika golongan 1 jenis THC yang dipesan oleh tersangka AD alias K dari Amerika Serikat ini terbilang baru dan cukup canggih. Tersangka bersama temannya ED -yang kini buron- memesan barang haram itu melalui internet atau situs gelap ketika sedang berada di Filipina.

“Adapun untuk transaksinya, tersangka melakukan pembayaran dengan menggunakan bitcoin,” tegasnya.

Tersangka AD alias K dijerat Pasal 113 ayat (2) subsider Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya penjara paling lama 20 tahun dan denda paling sedikit Rp 1 miliar. (sam/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya