oleh

Festival Cisadane 2019, DPUPR Kota Tangerang Siapkan Jembatan Terapung

Tangerang7.com, Tangerang – Festival Cisadane 2019 telah usai. Secara resmi ditutup pada Minggu (4/8/2019). Namun, ada hal mengesankan di balik kemeriahan kegiatan tahunan Pemerintah Kota Tangerang ini, yakni keberadaan jembatan terapung.

Jembatan terapung tersebut dibangun sebagai penunjang kegiatan Festival Cisadane tahun ini dan merupakan akses menuju panggung utama. Setelah diuji coba, jembatan terapung mulai dioperasikan bersamaan dengan pembukaan Festival Cisadane 2019, Jumat (26/7/2019).

Jembatan terapung dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Tangerang. Penunjang sarana dan prasarana ini sengaja disiapkan guna menjadikan Festival Cisadane lebih meriah. Jembatan tersebut membentang di atas Sungai Cisadane dengan menghubungkan Benteng Makassar di Kecamatan Tangerang dan Gerendeng di Kecamatan Karawaci.

Sekretaris DPUPR Kota Tangerang Decky P Koesrindartono mengatakan, selain akses menuju panggung utama dan titik awal lomba dayung, jembatan terapung juga digunakan dalam pergelaran pertandingan tinju. Jembatan itu pun dibuka untuk umum sehingga bisa dilewati. Masyarakat dapat merasakan sensasi keindahan alam Kota Tangerang di atas air sembari berswafoto.

“Pembuatan jembatan apung adalah untuk menambah daya tarik pengunjung Festival Cisadane tahun ini,” ujar Decky.

DPUPR Kota Tangerang memastikan keamanan penggunaan jembatan terapung setelah dilakukan uji coba. Sebanyak 305 orang petugas lapangan ikut berdiri pada jembatan di atas air ini. Selain itu, sisi kanan dan kiri jembatan terapung dilengkapi dengan tiang pembatas.

“Jadi, dengan sebanyak 305 orang membebani jembatan apung tersebut masih dalam kondisi mampu menahan beban berat, jembatan masih dalam ambang batas aman,” tandas Decky.

Menurut dia, uji coba bertujuan untuk mengetahui perilaku jembatan terapung saat dibebani dengan kondisi maksimal. “Berdasarkan spesifikasi teknis jembatan mampu memikul beban aman seberat 300 kg/M2 atau rata-rata 75 kg setiap M2,” jelas Decky. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya