oleh

Dua Polantas Polresta Tangerang Gagalkan Peredaran Uang Palsu

Tangerang7.com, Tigaraksa – Dua personel Satlantas Polresta Tangerang menorehkan prestasi, yakni Aiptu P Sitorus dan Brigadir Iman Budiana. Kedua polisi lalu lintas ini berhasil menggagalkan peredaran uang palsu di Tangerang dan sekitarnya.

Barang bukti terdiri dari 798 lembar dolar Amerika Serikat pecahan 20 dolar dan 197 lembar mata uang rupiah pecahan 100 ribu. Ratusan lembar uang palsu disembunyikan di sela jok mobil. Selain alat tukar tiruan, polisi meringkus dua orang terduga pemilik uang palsu tersebut yakni berinisial MZ dan SW.

Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif menjelaskan, awalnya Sitorus dan Iman melaksanakan pengaturan lalu lintas di Pospol Pertigaan Bojong, Cikupa, Kabupaten Tangerang, Kamis (25/7/2019). Saat sedang melaksanakan tugas, kedua polisi ini memberhentikan satu unit mobil Daihatsu Xenia karena si pengemudi mengoperasikan ponsel.

Usai diberhentikan, polisi kemudian meminta pengemudi mobil itu untuk menunjukkan surat kendaraan dan lisensi berkendara. “Namun si pengemudi hanya bisa menunjukkan STNK. SIM ataupun KTP dia mengaku lupa dibawa,” jelas Sabilul di Mapolresta Tangerang, Tigaraksa, Senin (5/8/2019).

Dia mengatakan, STNK yang ditunjukkan pengemudi dikeluarkan dari sebuah tas. Di dalam tas itu, polisi sempat melihat tumpukan uang dolar Amerika Serikat. Pada saat itu pula pengemudi mobil Daihatsu Xenia itu melemparkan tas berisi uang ke jalan raya.

“Tentu kemudian sempat terjadi kepanikan dan kerumunan sehingga sempat menyebabkan kemacetan,” ucap Sabilul.

Melihat aksi pengemudi tersebut, polisi langsung mengamankan tas sebagai barang bukti. Tujuannya, agar tidak rusak atau hilang. Tidak hanya itu, Sitorus dan Iman memecah kerumunan agar kemacetan bisa segera diurai. Kesempatan itu pun dimanfaatkan oleh si pengemudi untuk turun dari mobil dan melarikan diri.

“Kami kemudian segera mengamankan dua orang lainnya yang berada di dalam mobil itu yakni MZ dan SW,” tutur Sabilul.

Berdasarkan keterangan MZ dan SW, polisi dapat mengetahui identitas pengemudi yang berhasil kabur. Ia kini tengah diburu. Berdasarkan pemeriksaan dan keterangan dua tersangka, dolar Amerika Serikat itu merupakan uang palsu yang akan diedarkan di wilayah Tangerang dan sekitarnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, MZ dan SW akan dijerat Pasal 245 KUHP dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (rls/t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya