oleh

Dispora Kota Tangerang Gelar Diklat Pasukan Pengibar Bendera

Tangerang7.com, Tangerang – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun 2019. Diklat dilaksanakan bersama Purna Paskibra Indonesia (PPI) dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-74.

Peserta diklat merupakan 450 siswa-siswi yang lolos seleksi beberapa waktu lalu. Mereka mengikuti diklat selama tiga hari mulai 21 Juni sampai 23 Juni 2019 di halaman SMP Negeri 6 Kota Tangerang.

Diklat ini digelar dengan maksud dan tujuan memberdayakan pemuda-pemudi Kota Tangerang khususnya siswa-siswi pelajar SLTA , SMK dan MA di Kota Tangerang untuk menjadi pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas pada 17 Agustus 2019 di HUT RI ke 74.

Diklat Paskibra dibuka dimulai Jumat (21/06/2019) pukul 15.30 WIB oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang Dedi Suhada dengan diawali pemukulan gong.

“Tujuan diklat juga untuk memberdayakan generasi muda khususnya para pelajar dalam menanamkan rasa kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Dedi Suhada.

Acara pembukaan juga dihadiri oleh Seketaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Tangerang Maryono Hasan, Kepala Bidang Pemuda Achmad Suhaely serta pimpinan SMP Negeri 6 Kota Tangerang.

Dedi menjelaskan awalnya peserta seleksi Paskibraka dan Paskibra sekolah ini berjumlah 1.238 orang terdiri atas 434 pelajar putra dan 804 putri dari 102 sekolah tingkat atas. Dari jumlah peserta 1.238 orang, terseleksi 450 peserta yang akan menjadi Pasukan Pengibar Bendera.

Menurut Dedi, dari 450 peserta paskibra yang terpilih ini, 50 orang diseleksi lagi untuk menjadi Paskibra di tingkat Kota  Tangerang, 300 orang peserta Paskibra untuk ditempatkan di 12 kecamatan se-Kota Tangerang dengan masing-masing kecamatan sebanyak 25 orang dan 10 orang pelajar peserta Paskibra dikirimkan ke tingkat provinsi serta 90 orang cadangan.

Dedi menambahkan, Dispora Kota Tangerang akan bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia dalam melatih para calon peserta Paskibra Kota Tangerang yang telah terpilih tersebut. Dedi juga bersyukur dan bangga karena dari 10 pelajar peserta Paskibra perwakilan Kota Tangerang ada yang  dikirimkan ke tingkat Provinsi Banten.

“Alhamdulillah peserta Paskibra yang berasal dari Kota Tangerang terpilih menjadi peserta Paskibra di tingkat provinsi. Dan satu orang peserta Paskibra asal Kota Tangerang mewakili Provinsi Banten terpilih di tingkat nasional,” ucapnya.

Dedi menyampaikan ucapan selamat kepada peserta Paskibra asal SMA Negeri 7 Kota Tangerang  bernama Adilah Hana Khitimah. Dedi berharap  peserta yang terpilih menjadi anggota Paskibraka nasional bisa membawa nama baik Provinsi Banten di tingkat nasional. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya