oleh

Dindik Kota Tangerang Galakkan Ketahanan Pangan di Lingkungan Sekolah

Tangerang7.com, Tangerang – Program ketahanan pangan Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan melibatkan sekolah dari jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Selain untuk menanamkan budaya bercocok tanam sejak dini, dengan adanya ketahanan pangan ini juga dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri dan agar roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi covid-19 tetap berjalan.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Jamaluddin menegaskan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh sekolah untuk jenjang SD dan SMP yang memiliki lahan kosong agar ditanami tanaman seperti kangkung, cabai, dan tomat.

“Sekolah juga diminta untuk membuat pembibitan sebanyak 50 hingga 100 polybag yang hasilnya akan dibagikan ke masyarakat sekitar sekolah,” katanya.

Kepala SD Negeri Pasar Baru 1 Yanti Suryanti menjelaskan, sekolahnya telah melakukan pembibitan dan penanaman sejak lama. Pembibitan dilakukan di lapangan sekolah agar bibit dapat menerima sinar matahari dengan cukup baik.

“Pembibitan tersebut sudah dilakukan pihak sekolah sejak lama, sehingga saat program ketahanan pangan digulirkan pihak sekolah sudah siap dalam proses pembibitan, termasuk penyediaan green house di halaman sekolah,” ungkapnya.

Selain itu, Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tangerang memantau proses ketahanan pangan yang ada di SD Negeri Tangerang 1, termasuk memantau lahan kosong yang berada di belakang sekolah yang kini dijadikan tempat ketahanan pangan sekolah.

Hal ini dilakukan untuk melihat upaya dan keberlanjutan sekolah dalam menjalankan program tersebut, khususnya di tengah pandemi covid-19 ini. (t7/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *