oleh

Dilantik Jadi Ketua ICSB Banten, Airin Janji Kembangkan UMKM

Tangerang7.com – International Council for Small Business (ICSB) Provinsi Banten memiliki pengurus baru. Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dilantik sebagai ketua. Pelantikan dipimpin Presiden ICSB Jacky Mussry, di Aula Pendopo Gubenur Banten, Jumat (15/3/2019).

Airin dan pengurus lainnya dilantik berdasarkan hasil Munas Bandung. Pelantikan kali ini disebut sebagai ICSB model baru, di mana akan mengakar dari tingkat kabupaten, kota, provinsi, nasional, bahkan ke level internasional. Hadir Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Untuk diketahui, ICSB merupakan organisasi internasional, berpusat di Washington, Amerika Serikat. ICSB sebagai organisasi nonprofit membantu pengembangan kewirausahaan di tanah air bersama empat pilar pendukungnya, terdiri dari akademisi, peneliti, pemerintah, dan pelaku bisnis.

Pada pelantikan pengurus tingkat Provinsi Banten, Jacky mengajak stakeholder terkait untuk bersama-sama membina pelaku UMKM agar bisa lebih kompetitif. Dia mengatakan, jumlah UMKM di Indonesia saat ini sangat besar, tetapi tak sebanding dengan tingkat daya saing UMKM itu sendiri, baik lokal maupun internasional.

“Organisasi ini kami harapkan bisa memberikan kontribusi yang strategis kepada UMKM agar mereka lebih kompetitif. Untuk itu, kami mohon dukungan dari kementerian dan segenap pengurus supaya sama berkontribusi,” kata Jacky dalam keterangan tertulis.

Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya berharap, ICSB Indonesia dapat memberi peran strategis dalam hal roadmap pengembangan kewirausahaan secara holistik di Indonesia yang melibatkan semua pihak dan menjadi payung organisasi UMKM di tanah air yang berinduk di Kemenkop dan UMKM di Jakarta.

“Saya cuma mempersiapkan ICSB model baru ini supaya mengakar, supaya bisa membantu pemerintah, perguruan tinggi, dan korporasi dalam program pengembangan UMKM,” ucap Hermawan.

Sementara Ketua ICSB Provinsi Banten terpilih, Airin Rachmi Diany mengatakan UMKM harus didukung dan dikembangkan. Sebab UMKM begitu penting dalam menyerap tenaga kerja, sangat strategis dalam perkembangan ekonomi di wilayah, dan menopang perekonomian nasional.

“Kita berharap UMKM yang ada di Provinsi Banten akan menjadi maju, mandiri, tidak hanya berpikir di Provinsi Banten saja, namun juga se-Indonesia, bahkan ekspor ke negara lain,” imbuh Airin. (rls/riz)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya