oleh

Deklarasi Sayang Barudak Wujudkan Kota Layak Anak

Tangerang7.com, Tigaraksa – Pemerintah Kabupaten Tangerang mendeklarasikan gerakan Kabupaten Sayang Barudak, Selasa (19/03/2019). Deklarasi ini dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Tangerang dengan menggandeng camat dan para aktivis perlindungan anak.

Asda I Pemkab Tangerang Heri Hariyanto mengatakan, saat ini banyak sajian tentang maraknya tindak kekerasan terhadap anak. Meskipun peristiwanya di luar daerah, namun tetap menjadi keprihatinan Pemkab Tangerang.

“Tindakan kekerasan kepada anak dalam bentuk apapun sangat tidak dibenarkan. Sebagai pemerintah, kita diwajibkan untuk bisa menjadikan pelayan rakyat dalam sektor apapun, termasuk dalam kategori perlindungan terhadap anak,” ujar Heri dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, sangat diperlukan adanya pemberatan sanksi pidana dan denda bagi pelaku kejahatan terhadap anak terutama kepada kejahatan seksual yang bertujuan untuk memberikan efek jera.

“Anak-anak di masa kini harus terkover kenyamanan dan kehidupannya. Tidak lagi ada pembiaran terhadap tumbuh kembang anak. Bahkan dalam undang-undang tersebut pemerintah menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan sebagai lembaga yang harus menyiapkan kebutuhan kenyamanan anak,” tandas Heri.

Kepala DP3A Kabupaten Tangerang Deden Somantri mengatakan, deklarasi ini merupakan bagian dari pengejawantahan visi misi kepala daerah periode 2019-2023, di mana ini bagian dari ornamen program Kabupaten Layak Anak yang dijabarkan dalam Kegiatan Sayang Barudak.

“Targetnya sama, cuma kita memuat kearifan lokal dengan tagline Sayang Barudak, esensinya adalah mewujudkan Kabupaten Tangerang Layak Anak,” katanya.

Aktivis pegiat anak dan para pejabat organisasi perangkat daerah serta para camat dan lurah menjadi bagian yang ikut mendeklarasikan diri sebagai pelindung anak. (rls/srh/t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya