oleh

Debat Pilpres 2019 Nanti Malam, Penyampaian Visi-Misi di Segmen Pertama

Tangerang7.com, Tangerang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana Pilpres 2019, Kamis (17/1/2019) malam. Bertempat di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat dimulai pukul 20.00 WIB dan disiarkan secara langsung di empat lembaga penyiaran, antara lain Kompas TV, TVRI, RTV, dan RRI.

Adapun peserta debat yakni pasangan capres-cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno. Tema yang diangkat adalah hukum, hak asasi manusia atau HAM, terorisme, dan korupsi. Debat akan dipandu oleh dua moderator, mantan jurnalis Ira Koesno dan jurnalis senior Imam Priyono.

Disediakan waktu selama 89 menit 55 detik dalam penyelenggaraan debat pertama. Debat dibagi ke dalam enam segmen. Segmen pertama, penyampaian visi-misi pasangan capres-cawapres. Kedua pasangan calon diberikan waktu selama 23 menit 15 detik untuk memaparkan visi-misi di hadapan publik.

Segmen kedua dan ketiga merupakan debat dengan metode pertanyaan terbuka. Waktu yang disediakan sekitar 31 menit. Dalam segmen itu, moderator debat akan menyampaikan pertanyaan kepada paslon, yang mana paslon sebelumnya telah mendapat kisi-kisi pertanyaan dari KPU. Masing-masing paslon akan diberi satu pertanyaan dari setiap tema.

Segmen keempat dan kelima adalah debat dengan metode pertanyaan tertutup. Waktu yang dialokasikan dalam segmen ini sekitar 26 menit. Metode ini memberikan kesempatan kepada pasangan calon memberikan pertanyaan ke pasangan calon lainnya. Segmen terakhir yaitu pernyataan penutup. Alokasi waktu untuk segmen ini 11,30 menit.

Selama debat, pasangan capres-cawapres diimbau untuk tidak memberikan pertanyaan spesifik mengenai contoh kasus tertentu pada paslon lainnya. Alih-alih meminta pernyataan sikap kandidat terhadap suatu kasus, paslon diminta fokus ke penggalian visi-misi, gagasan, dan pengetahuan, sebagaimana tujuan penyelenggaraan debat. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya