oleh

Dahulu Lukis Karikatur Sekadar Hobi, Kini Jadi Mata Pencarian

Tangerang7.com, Periuk – Ekyana Norita Purbawardani patut jadi motivator bagi kawula muda dalam merintis usaha. Bagaimana tidak, warga Kecamatan Periuk, Kota Tangerang ini, berhasil menembus pasar sejumlah kota besar di Indonesia lewat karya karikatur.

Dahulu, Ekyana bekerja di salah satu perusahaan di Jakarta. Saat pulang kerja, dia menyibukkan diri dengan melukis karikatur. Dia melakukan hal itu karena hobi, bukan untuk mencari pendapatan tambahan.

Di perusahaan tempat dia bekerja, Ekyana merupakan desainer kreatif. Pada tahun 2013, rekan kerja Ekyana meminta untuk dibuatkan karikatur. Si pemesan akan memberikan karya Ekyana itu sebagai hadiah kepada sang kekasih.

Alhasil, karya Ekyana menuai pujian. Makin hari permintaan untuk melukis karikatur mengalami peningkatan. Sejak itu perempuan asal Periuk ini membanting setir. Dia mengundurkan diri sebagai karyawan perusahaan di Jakarta dan memilih berkonsentrasi sebagai karikaturis.

Ekyana pun menekuni usaha melukis. Dia melakukan pekerjaan tersebut di Villa Mutiara Pluit, Periuk. Karya karikatur tersebut kini menjadi mata pencarian. Usaha Ekyana berkembang pesat.

Dia mengaku telah memiliki cabang di sejumlah kota. Selain di Kota Tangerang, dia memiliki usaha serupa di Solo, Klaten, Garut, Bogor, Depok, dan Bekasi.

“Kami tempatkan orang sebagai penanggung jawab. Jadi kalau ada orderan, penanggung jawab itu yang berperan,” kata Ekyana, Rabu (28/8/2019).

Belum lama ini, tepat pada Iduladha 1440 Hijriah, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin terpesona melihat karya karikatur Ekyana. Arief dan Sachrudin pun meminta Ekyana melukis karikatur untuk sampul koran Kota Benteng.

“Saya pernah buat karikatur untuk Wali Kota Tangerang dan Wakil Wali Kota Tangerang,” ujar dia.

Tidak hanya itu, Ekyana pernah melukis karikatur pesanan mantan Gubernur Banten Rano Karno. Juga pada saat Lebaran Haji beberapa waktu lalu. “Bahkan, waktu kampanye juga Pak Rano minta dibuatin karikatur,” ujar ibu dengan dua anak itu.

Kendati tergolong sukses, namun Karyana enggan membocorkan omzet dari usaha karikatur tersebut. “Selain dari luar daerah, warga sekitar juga banyak yang pesan,” pungkas dia. (fdy/kam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya