oleh

Daftar Online Mudik Gratis Dibuka Besok

Tangerang7.com – Periode libur lebaran akan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang. Untuk mengantisipasi kemacetan dan menekan angka kecelakaan lalu lintas, pemerintah kembali mengimbau masyarakat untuk menggunakan transportasi massal saat mudik.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka pendaftaran program mudik gratis menggunakan moda transportasi darat. Pemerintah menyiapkan 1.200 bus untuk pelayanan mudik gratis Lebaran 2019 ke 40 kota tujuan. Pendaftaran online akan dibuka besok, Kamis (20/03/2019).

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan pendaftaran mudik gratis bisa dilakukan secara manual dan online.

“Daftarnya yaitu mudikgratis.dephub.go.id. Mulai besok untuk online,” kata Budi saat konferensi pers di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Rabu (19/3/2019).

Sedangkan pendaftaran manual, jelas Budi, belum dipastikan waktunya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan di daerah terlebih dulu, namun diperkirakan akan dibuka pada awal April 2019.

“Kalau manualnya nanti ada di dinas perhubungan daerah, nanti kita kontrak di Kemenhub. Kalau manual tunggu kontrak, sekitar awal April,” ucapnya.

Pemberangkatan penumpang akan dijadwalkan tiga hari sejak H-6 lebaran, yaitu pada 30 dan 31 Mei, dan dilanjutkan pada 1 April 2019. Budi menyebut pemberangkatan bus akan dilakukan di lima titik wilayah Jabodetabek.

“Ada di Monas, Bogor di Stadion Pakansari, ada juga di Depok, kemudian Tangerang di kantor pemerintah daerah Tangerang, dan Bekasi titik ya di lapangan Summarecon Bekasi, jadi Jabodetabek ada semuanya pemberangkatan,” katanya. Sedangkan untuk kepulangan dijadwalkan pada 7 dan 8 Juni 2019.

Tautan untuk mendaftar mudik gratis Kemenhub klik di sini. (t7)

Tujuan Perjalanan Mudik Gratis

Lintas Utara:

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Lintas Selatan I:

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cimahi, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Sidareja, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo.

Lintas Selatan II:

Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Cikarang/Lemahabang, Stasiun Cirebon Prujakan, Sta Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Purwosari, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Mojokerto, Stasiun Surabaya Pasarturi.

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya