oleh

Covid-19, PMI Kota Tangerang Terima Pendonor Plasma Konvalesen

TANGERANG KOTA, Tangerang7.com – Ini kabar gembira untuk warga Kota Tangerang terkait Covid-19. PMI Kota Tangerang saat ini sudah mendapat izin untuk menerima pendonor plasma konvalesen.

Apa itu plasma konvalesen? Plasma konvalesen atau plasma darah dari pasien yang sembuh dari infeksi virus corona dan berpotensi menjadi terapi yang aman untuk pasien Covid-19. Plasma konvalesen adalah plasma darah yang diambil dari pasien Covid-19 yang telah sembuh, dan kemudian diproses agar dapat diberikan kepada pasien yang sedang terinfeksi virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah menjelaskan, Kementerian Kesehatan RI dan PMI Pusat secara resmi sudah memberikan izin PMI Kota Tangerang untuk melakukan donor plasma konvalesen. Izin ini diberikan setelah dilakukan beberapa langkah dan kelengkapan peralatan yang dimiliki PMI Kota Tangerang.

“Alhamdulillah, kita sudah mendapat izin untuk melakukan plasma konvalesen. Di Banten, selain PMI Kota Tangerang yang sudah dirilis resmi oleh Kemenkes dan PMI Pusat yakni PMI Kota Tangerang Selatan,” jelas Oman, Rabu (16/12/2020) siang.

Dengan izin ini, Oman berharap ada pendonor yang memenuhi syarat yang bisa mendonorkan darahnya di PMI Kota Tangerang. Sehingga, bisa segera dimanfaatkan oleh penderita Covid-19 yang sedang dalam penanganan.

Ilustrasi pasien Covid-19 yang sembuh dari infeksi virus corona SARS-CoV-2 mendonorkan plasma darahnya untuk terapi plasma konvalensen.

Menurut Oman, pengambilan dan pemberian plasma konvalesen ini tidak bisa sembarangan. Sebab, pengambilan sampel plasma darah dari pasien sembuh (penyintas) Covid-19 sebagai donor, dan pasien penerima terapi plasma konvalesen itu juga akan dipilah sesuai dengan kategori dan persyaratan yang telah ditentukan.

“Ini (plasma konvalesen) bisa jadi imunisasi pasif. Sedangkan vaksin adalah imunisai aktif,” kata Oman.

Lalu apa syaratnya? Oman memaparkan, syarat donor plasma konvalesen Covid-19 atau donor penyintas Covid-19 ini adalah mereka yang sudah pernah terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, dan sembuh dari infeksi tersebut lebih dari 14 hari.

Donor penyintas ini nantinya akan diambil plasma darah di dalam tubuhnya dan teliti, hingga hasilnya akan diberikan kepada pasien Covid-19 yang sedang terinfeksi dengan gejala berat.

Syarat-syarat untuk plasma konvalesen.

DIUTAMAKAN LAKI-LAKI

Syarat untuk donor plasma darah untuk plasma konvalesen Covid-19 (lihat gambar). Diutamakan laki-laki. Jika perempuan, yang belum pernah hamil. Sehat dan dibuktikan dengan hasil laboratorium bebas dari infeksi virus corona, atau telah sembuh minimal selama 14 hari bebas dari virus, parasit atau patogen lain berpotensi bisa ditransmisikan melalui darah. Memiliki titer antibodi yang cukup tinggi berdasarkan hasil uji netralisasi. (**/jebe)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya