oleh

Cegah Perceraian dengan Keluarga Berencana

Tangerang7.com, Kelapa Dua – Sejumlah penelitian membuktikan salah satu faktor pemicu perceraian adalah keluarga yang tidak memiliki rencana dalam berumah tangga. Usia rumah tangga yang berlangsung singkat disebabkan kurang matangnya suami istri dalam membangun rumah tangga.

Kesimpulan itu disampaikan pada acara sosialisasi program pembangunan keluarga yang dihadiri anggota DPR Irgan Chairul Mahfiz bersama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten di gedung serbaguna Kelurahan Bencongan, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Kamis (14/03/2019).

Menurut Irgan, generasi berencana sangat dibutuhkan agar siap dalam membangun rumah tangganya. Generasi berencana dapat mengatakan tidak pada nikah muda, seks bebas dan penggunaan narkotika. Tujuannya agar bangsa ini tidak kehilangan generasi emasnya.

“Seperti syair lagu, harta yang paling berharga adalah keluarga. Keluarga berencana sebagai program pemerintah dapat menciptakan rumah tangga yang bahagia dan sejahtera. Kami tidak bosan-bosannya memberikan informasi kepada masyarakat untuk dapat mengetahui dan memahami program pemerintah dan tujuannya,” ujar Irgan.

Kepala Bidang Keluarga Sejahtera BKKBN Provinsi Banten Nafis menjelaskan, usia perempuan yang ideal untuk menikah adalah minimal 21 tahun dan untuk laki-laki minimal 25 tahun. Pertimbangan ini bukan saja masalah mental dalam mengarungi kehidupan berumah tangga. Tapi juga kesiapan secara fisik, kesehatan dan spiritual yang matang.

“Sehingga keselamatan ibu dan anak serta kasus kasus lainnya yang berujung pada perceraian dapat dihindari. Sebaiknya wanita melahirkan pada usia 21 sampai 35 tahun dan jaraknya minimal tiga tahun sehingga keselamatan ibu dan bayinya lebih terjamin saat persalinan,” jelasnya.

Sosialisasi berlangsung meriah karena setiap peserta yang bisa menjawab pertanyaan terkait materi yang disosialisasikan mendapat dooprize seperti HP, TV, kulkas dan alat elektronik lainnya. (mus/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya