oleh

Cegah Penyebaran Cacar Monyet, WNA di Bandara Soetta akan Diperiksa

Tangerang7.com, Tangerang – Pengelola Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan pengawasan terhadap penumpang asal luar negeri atau warga negara asing (WNA). Terutama terhadap penumpang dari Singapura. Langkah ini sebagai antisipasi penyebaran penyakit cacar monyet (money pox).

Beberapa waktu lalu, seorang wisatawan asal Afrika terindikasi mengidap cacar monyet di Singapura. Pengelola Bandara Soetta pun tidak menginginkan cacar monyet mewabah di Indonesia. Sehingga dilakukan optimalisasi perangkat pemeriksaan kesehatan bagi penumpang yang baru tiba di bandara. Salah satunya dengan pemindaian suhu tubuh menggunakan thermal scanner.

Manager of Branch Communication Bandara Soetta Haerul Anwar mengatakan, cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan virus. Penyakit ini dapat menular melalui udara ataupun kontak fisik dengan pengidap.

“Kami bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Soekarno-Hatta menyediakan thermal scanner, fungsinya sebagai alat pemindai suhu penumpang yang datang dari luar negeri terutama dari Singapura,” kata Haerul, Rabu (15/5/2019).

Untuk itu, Haerul mengimbau kepada seluruh penumpang maupun pengunjung bandara berskala internasional tersebut untuk mengimplementasikan pola hidup sehat. Di antaranya selalu mencuci tangan usai memegang benda atau barang dan menggunakan masker untuk menghindari penyebaran penyakit melalui udara.

“Kami selalu intens berkoordinasi dengan tim kesehatan dari KKP Kelas I Soekarno-Hatta jika memang ada penumpang yang terindikasi virus cacar monyet ini. Di bulan April kemarin sempat ada satu penumpang yang terjangkit, tetapi langsung dilakukan penanganan medis,” pungkas Haerul. (mg-1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya