oleh

Bupati Tangerang Sidak di Pasar, Ditemukan Makanan Tak Layak Konsumsi

Tangerang7.com, Tigaraksa – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar melakukan inspeksi mendadak atau sidak dalam rangka memastikan keamanan pangan menjelang Idulfitri 1440 Hijriah, Jumat (24/5/2019). Zaki dan rombongan datang ke dua tempat, yakni Pasar Gudang Tigaraksa dan Eco Plaza Citra Raya.

Selain pejabat Pemkab Tangerang, Zaki didampingi Kepala Loka Pengawas Obat dan Makanan di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri. Alhasil, ditemukan makanan mengandung bahan berbahaya seperti formalin dan rhodamin B.

Selain memastikan keamanan pangan, sidak bermaksud untuk memantau langsung harga dan stok kebutuhan pokok. Sebab, biasanya kenaikan harga terjadi menjelang hari raya. Namun, sejauh ini harga kebutuhan pokok terpantau normal serta stok aman hingga Lebaran nanti.

“Kita lakukan sidak bahan pokok menjelang Lebaran, untuk itu langsung mengecek harga bahan pokok juga stok. Hingga saat ini stok kebutuhan aman dan harga-harga juga masih relatif normal, tidak mengalami kenaikan signifikan,” ujar Zaki kepada wartawan.

Sementara itu, Wydia Savitri menjelaskan, di Pasar Gudang Tigaraksa mengambil dan menguji sebanyak 25 sampel pangan siap saji. Ditemukan 3 produk pangan diduga mengandung formalin dan rhodamin B, yaitu mi kuning, arum manis, dan kue semprit.

“Ditemukan juga produk olahan terkemas yang tanpa izin edar sebanyak 6 item, antara lain garam dan mi telur. Telah dilakukan pembinaan ke pedagang dan penanggung jawab pasar,” kata Wydia.

Sedangkan di Eco Plaza Citra Raya, petugas melakukan penyisiran di Farmer’s Market. Di sana, ada 11 sampel pangan yang diuji. Hasilnya, tidak ditemukan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan dalam makanan.

“Selain itu ditemukan produk pangan olahan tanpa izin edar dengan nomor izin edar sudah tidak berlaku dan produk pangan olahan tidak memiliki izin edar sebanyak 5 item, serta 1 produk olahan tidak memenuhi ketentuan label,” pungkas Wydia. (rls/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya