oleh

BPOM Temukan Mi Kuning Basah Mengandung Formalin

Tangerang7.com, Cikupa – BPOM di Kabupaten Tangerang melakukan pengawasan pangan menjelang hari raya Imlek. Petugas menyisir Pasar Bojong Nangka (Kecamatan Kelapa Dua) dan Pasar Cikupa (Kecamatan Cikupa), kemarin.

Dalam razia tersebut petugas mengambil sampel dan menguji kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, boraks, rhodamin B, dan methanil yellow. Petugas menggunakan alat tes cepat atau rapid test kit.

Pengawasan juga dilakukan melalui pemeriksaan sarana distribusi pangan. Walhasil, ditemukan sampel pangan yang tidak memenuhi syarat dan produk pangan yang tidak mencantumkan label sesuai ketentuan.

“Hasil pengujian dari 18 jenis sampel pangan menunjukkan satu sampel mengandung formalin yang ditemukan pada mi kuning basah. Sementara hasil pengawasan sarana distribusi ditemukan produk pangan yang tidak mencantumkan label sesuai ketentuan,” kata Kepala BPOM di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri kepada Tangerang7.com, Sabtu (2/2/2019).

Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk selalu cerdas dalam memilih pangan yang aman dan bebas dari bahan berbahaya. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya