oleh

Beredar Tahu dan Kue Mangkok Tak Layak Konsumsi di Pasar Cisauk

Tangerang7.com, Cisauk – Petugas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan tahu dan kue mangkok tidak memenuhi syarat saat razia di Pasar Modern Intermoda BSD Cisauk, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (20/3/2019). Di mana, tahu mengandung formalin dan kue mangkok mengandung rhodamin B.

Kepala Kantor BPOM di Kabupaten Tangerang Wydia Savitri mengatakan, operasi keamanan pangan di pasar modern tersebut bentuk pengawasan komoditi pangan segar dan pangan olahan. Petugas mengambil sampel dan menguji kandungan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan pada pangan, seperti formalin, boraks, rhodamin B, dan methanil yellow.

Petugas menggunakan alat tes cepat atau rapid test kit dan melakukan pengujian terhadap 40 sampel pangan. Alhasil, 3 sampel tidak memenuhi syarat. Adapun penjual didata untuk kemudian ditindaklanjuti dengan pembinaan.

“Hasilnya tiga sampel tidak memenuhi syarat, karena mengandung bahan berbahaya formalin pada sampel tahu dan rhodamin B pada sampel kue mangkok,” jelas Wydia.

Selain pengambilan sampel dan pengujian, pengawasan juga dilakukan melalui pemeriksaan sarana distribusi obat dan makanan. Wydia mengakui masih terdapat pelanggaran, yaitu mengedarkan obat keras tanpa kewenangan di toko obat tidak berizin dan ditemukan kosmetik tanpa izin edar.

“Kepada masyarakat senantiasa diimbau untuk selalu cerdas memilih pangan yang aman dan bebas dari bahan berbahaya, serta senantiasa cek KLIK (cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa),” imbuh Wydia.

Dalam operasi tersebut BPOM di Kabupaten Tangerang bersinergi dengan lintas sektor terkait, terdiri dari dinas kesehatan, dinas perindustrian dan perdagangan, dinas pertanian dan ketahanan pangan, dinas perikanan/UPT karantina, serta kepolisian. (srh/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya