oleh

Benyamin ke Laskar Lingkungan: Tegur Pembuang Sampah Sembarangan

Tangerang7.com, Ciputat Timur – Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie tak henti menyosialisasikan disiplin masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Salah satunya budaya tidak
membuang sampah di sembarang tempat.

Dalam tiap kesempatan aksi kebersihan lingkungan, Benyamin selalu mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Seperti saat ia menutup kegiatan kemah laskar lingkungan di Pulau Situ Gintung, Cirendeu, Ciputat Timur, Selasa (9/7/2019).

Ia meminta kepada laskar lingkungan untuk berani menegur pembuang sampah di sembarang tempat. “Tolong ditegur teman-teman kita yang buang sampah sembarangan, tegur siapa saja yang ada di sekitar kita ketika mereka melakukan hal-hal yang tidak baik,” kata Benyamin.

Kendati demikian, teguran dilakukan dengan baik dan bukan mencari ribut. Menurut Benyamin, pembuang sampah tidak mengenal usia, jenis kelamin, dan status pekerjaan. Baik kalangan remaja, orang tua, bahkan anak-anak pun sering membuang sampah sembarangan.

Masyarakat dan pemerintah harus bekerja sama untuk menjaga lingkungan serta tidak lagi membuang sampah di sembarang tempat. Pemerintah membantu dalam menyediakan tong sampah di tiap wilayah. Tong sampah untuk sampah organik dan sampah non-organik, agar masyarakat dapat memilah sampah-sampah yang akan dibuang.

Sementara masyarakat membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan sekitar dari sampah dengan melakukan daur ulang sampah menjadi suatu produk kreativitas. Sekarang ini banyak ibu-ibu rumah tangga yang mendaur ulang sampah menjadi barang seperti tas dan kerajinan tangan lainnya. Daur ulang tersebut untuk mengurangi tumpukan sampah.

“Semoga dengan kerja sama seperti itu akan mewujudkan lingkungan yang bersih tanpa sampah di Kota Tangsel,” ucap Benyamin.

Tidak hanya mengajak laskar lingkungan untuk menegur masyarakat yang buang sampah sembarangan, tetapi Benyamin akan menjadikan budaya lingkungan ini masuk dalam muatan lokal. “Muatan lokal ini akan diisi tentang kebersihan lingkungan. Saya berharap laskar ini menjadi pionir dan bisa menanamkan kebudayaan lingkungan kepada teman-teman lainnya,” katanya. (rls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya