oleh

Belasan Orang Beralamat Palsu, 2 TPS di Tangsel Coblos Ulang

Tangerang7.com, Tangsel – Dua tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Tangsel bakal menggelar pemungutan suara ulang (PSU) Rabu (24/04/2019). Pemungutan ulang dilakukan karena ada pemilih yang tak tercantum di daftar pemilih tetap, tetapi ikut mencoblos di TPS tersebut.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel M Taufiq menjelaskan, kedua TPS itu berada di Kecamatan Ciputat Timur, yaitu TPS 49 Kelurahan Rengas dan TPS 71 Kelurahan Cempaka Putih.

Di TPS 49, ujar Taufiq, ada 14 pemilih non-DPT yang tidak sesuai alamat KTP elektronik si pengguna hak pilih alias alamat palsu. Sementara di TPS 71, terdapat dua pemilih dengan kasus serupa.

Oleh karena itu, Bawaslu Kota Tangsel merekomendasikan KPU melakukan pemungutan suara ulang di kedua TPS tersebut. Di TPS 49, pasangan presiden-wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Amin, unggul dengan perolehan 127 suara, sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandi, mendapat 90 suara. Sebaliknya, di TPS 71, pasangan Prabowo-Sandi memimpin dengan 134 suara, sedangkan Jokowi-Amin 128 suara.

“Pertimbangan melakukan pemungutan suara ulang pada 24 April itu karena kami memerlukan waktu untuk menyiapkan lagi logistik, sumber daya manusia, dan pantauan langsung ke lapangan,” katanya.

Taufiq menjelaskan, di TPS 49, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) sebenarnya sudah melarang ke-14 warga itu untuk menggunakan hak pilihnya. Namun, larangan tersebut tidak sejalan dengan sikap saksi dan pengawas di TPS. Hal ini menjadi evaluasi KPU Kota Tangsel untuk lebih menyosialisasikan aturan pada pemilu berikutnya.

Ia menambahkan, surat suara yang digunakan untuk pemungutan suara ulang berjumlah 1.000 lembar, yang memang disiapkan untuk pemungutan suara ulang. Semua penyelenggara pemilu akan mendapat honor setara dengan sewaktu hari pencoblosan 17 April.

Berhubung pada 24 April bukan hari libur, Taufiq berharap masyarakat mau meluangkan waktu ke TPS. “Berapa pun tingkat partisipasi pemilih, yang penting tugas sudah kami tunaikan,” katanya.

Di Kota Tangsel terdapat 3.819 TPS yang tersebar di tujuh kecamatan. Proses rekapitulasi suara dan perhitungan hasil tingkat kecamatan berlangsung selama 10 hari hingga 17 hari.

Untuk Kecamatan Pamulang, Pondok Aren, dan Ciputat, rekapitulasi suara berlangsung selama 17 hari. Jumlah TPS di kecamatan itu lebih dari 500. Selanjutnya, di Kecamatan Serpong dan Ciputat Timur, rekapitulasi berlangsung 15 hari. Sementara di Serpong Utara dan Setu, rekapitulasi berlangsung 10 hari.

Proses rekapitulasi suara di Kecamatan Serpong dikawal ketat kepolisian. Sedikitnya delapan polisi berjaga di pintu masuk gedung Kecamatan Serpong. (T7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya