oleh

Bayar Zakat di Baznas Pakai Sistem Digital

Tangerang7.com, Tangerang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tangerang terus berinovasi untuk mengajak masyarakat menunaikan zakat. Pada Ramadan kali ini, Baznas memberlakukan zakat fitrah digital atau pembayaran zakat yang bisa dilakukan secara non tunai.

Pada tahun ini zakat fitrah masyarakat Kota Tangerang bisa dilakukan melalui aplikasi-aplikasi pembayaran digital yang sering digunakan.

Pembayaran zakat bisa dilakukan melalui QR kode standar pembayaran nasional seperti Go Mobile, Link Aja, OVO, Gopay, Dana, dan Shopee Pay.

Ketua Baznas Kota Tangerang KH HM Aslie Elhusyairy melalui sambungan telepon mengatakan, ini tahun kedua pihaknya melakukan zakat digital.

Baca JugaTak Cuma Mengandung Pahala, Zakat itu Hilangkan Sifat Kikir

“Tahun lalu juga sudah kami lakukan. Cuma baru menggunakan YAP BNI yang sekarang berubah nama menjadi Link Aja dan Gopay,” katanya.

Ia mengungkapkan, target zakat fitrah yang terkumpul tahun ini sebanyak Rp 3 miliar. Sedangkan untuk penyaluran zakat fitrahnya sebesar Rp 40.000 per orang. “Sejauh ini pembayaran zakat fitrah melalui Baznas masih didominasi aparatur sipil negara.

Namun, pihaknya terus berupaya agar warga lainnya juga ikut menyalurkan zakat fitrahnya melalui lembaganya.

Aslie menambahkan, Baznas hanya minta 15 jiwa per RT. Dan pada umumnya setiap RT bisa 500 jiwa. Bahkan ada yg lebih. Jadi porsentasinya yang dikumpulkan baznas kecil sekali. Sekitar 3 persen dari jumlah wajib zakat di Kota Tangerang.
Selebihnya, dkelola
masyarakat melalui UPZ masjid dan musala terdekat untuk didistribusikan kepada yang berhak.

Aslie menuturkan, zakat fitrah yang ditunaikan akan disalurkan dalam bentuk program bagi kaum dhuafa dan juga penanganan dampak pandemi covid-19 bagi masyarakat terdampak di wilayah Kota Tangerang.

Untuk warga yang ingin menunaikan zakat fitrah melalui Baznas Kota Tangerang bisa juga dilakukan dengan mentransfer ke nomor rekening BNI syariah : 4477 0447 74 a/n Badan Amil Zakat Nasional Kota Tangerang dan menghubungi Baznas : (021) 5534906 WhatsApp 0812 8441 8886. (rls/did/set)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya