oleh

Bawang Merah Tembus Rp40 Ribu Per Kilogram

Tangerang7.com, Tangerang – Beberapa hari belakangan ini harga bawang merah dan tomat melambung hingga dua kali lipat dari harga normal. Bawang merah kini dijual kepada konsumen dengan harga Rp40 ribu per kilogram, sedangkan tomat Rp17 ribu per kilogram. Pedagang pun mengurangi kuantitas stok.

Kipli (47), pedagang sayuran di Pasar Anyar, Kota Tangerang, mengatakan biasanya bawang merah dijual dengan harga Rp18 ribu per kilogram, sementara tomat Rp8 ribu per kilogram. Kenaikan harga ini akan terjadi hingga dua bulan ke depan atau bertepatan dengan Ramadan 1440 Hijriah.

“Sekitar empat hari yang lalu bawang merah harganya naik dari 18 ribu per kilo, sekarang jadi 40 ribu. Kalau tomat baru tiga hari, dari 8 ribu jadi 17 ribu per kilo,” jelas Kipli kepada Tangerang7.com, Rabu (3/4/2019).

Ia mengaku memasok bawang putih dan tomat dari Jawa Barat. Rata-rata stok bawang merah 50 kilogram dan tomat 60 kilogram. Lantaran ada kenaikan harga, ia mengurangi jumlah pesanan kepada distributor. Pasalnya, konsumen juga ikut mengurangi kuantitas belanjaan.

“Kenaikan harga itu dipicu masa panen bawang merah dan tomat di daerah Jawa Barat mengalami penurunan, sehingga pasokan ke pasar menjadi kekurangan. Panennya kurang, makanya sekarang harga naik. Kalau panen raya itu harganya standar lagi,” kata Kipli.

Sementara itu, seorang pembeli sekaligus pemilik rumah makan di Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Rara Tia Rahmawati (35) mengatakan dirinya harus menghemat belanjaan sejak harga bawang merah dan tomat melonjak tinggi. “Saya harus hemat uang belanja serta penggunaan bawang merah dan tomat untuk warung makan,” ucap Rara.

Ia pun berharap kenaikan harga tersebut tidak berlangsung lama. Terlebih menyongsong bulan suci Ramadan kebutuhan kian banyak. “Harapannya sih harga-harga sayuran di pasar nggak naik tinggi. Karena kan mau bulan puasa, pasti kebutuhan juga semakin banyak,” pungkas Rara. (odo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya