oleh

Bapenda Kota Tangerang Kembangkan Inovasi Pelayanan PBB Secara Online

Tangerang7.com, Tangerang – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang membuat terobosan dengan mengembangkan inovasi pelayanan publik, yakni mempermudah pelayanan PBB.

Organisasi perangkat daerah (OPD) ini melakukan pelayanan PBB secara online. Sistem ini langsung terintegrasi, sehingga sangat memudahkan para wajib pajak untuk membayar PBB.

Bahkan, ada beberapa pelayanan yang bisa selesai dalam satu hari, yakni permohonan aktivasi nomor objek pajak yang sudah tidak aktif, permohonan salinan SPPT PBB tahun berjalan, dan permohonan pembetulan SPPT PBB yang tidak mengubah nilai ketetapan SPPT PBB.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan, inovasi pelayanan sistem online ini bisa diakses melalui website pbb.tangerangkota.go.id.

“Dengan inovasi ini, masyarakat makin dipermudah dalam pelayanan PBB. Perkembangan teknologi dan informasi harus kita imbangi untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang, khususnya para wajib pajak, ” kata Said dalam keterangannya, Selasa (8/10/2019).

Kepala Bapenda Kota Tangerang Said Endrawiyanto

Said mengatakan, pelayanan cepat dan tepat harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat juga.

“Jangan sampai kita stagnan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Harus terus kembangkan inovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Masyarakat pun sudah sangat melek dan paham mengikuti dan menggunakan kemajuan teknologi, ” ujar Said.

Ia mengimbau para wajib pajak dapat melakukan kewajibannya sesuai dengan ketentuan. “Saya imbau masyarakat senantiasa membayar pajak sebelum jatuh tempo,” katanya.

Dalam kesempatan ini, atas nama Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang, Said menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada
seluruh wajib pajak Kota Tangerang atas partisipasinya dalam melakukan pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) tahun 2019.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh wajib pajak di Kota Tangerang yang telah membayar PBB di tahun 2019 ini. Pajak yang dibayar masyarakat akan kembali ke masyarakat dalam bentuk pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang, ” katanya.

Sementara, dalam beberapa kali kesempatan, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah senantiasa juga mengimbau dan mengingatkan dalam hal pembayaran pajak ini. “Masyarakat harus tahu jika pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang berasal dari pajak yang dibayar masyarakat, ” tandas Arief.

Diketahui, pada 2019 ini, Pemkot Tangerang menargetkan PBB sebesar Rp 443,8 miliar. Pada 2018 lalu, berhasil mencapai Rp 371 miliar dari yang ditargetkan sekitar Rp 378,6 miliar. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *