oleh

Banyak Ditemukan Hewan Kurban Sakit Mata

Tangerang7.com, Tigaraksa – Petugas dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang telah memeriksa sebanyak 27.104 ekor hewan kurban. Puluhan ribu ekor hewan kurban itu tersebar di 544 lapak. Hasil pemeriksaan menunjukkan sejumlah hewan kurban menderita penyakit.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteliner DPKP Kabupaten Tangerang Kustri Windayani mengatakan, petugas sudah memeriksa kesehatan hewan kurban di 29 kecamatan. Terdiri dari 5.316 ekor sapi, 62 ekor kerbau, 16.592 ekor domba, dan 5.134 ekor kambing. Hal tersebut sesuai laporan tim pemeriksa pada Jumat (9/8/2019).

Dia menjelaskan, sejauh ini tidak ditemukan hewan yang menunjukkan gejala penyakit zoonosis atau dapat menular kepada manusia. Hewan kurban justru banyak menderita sakit mata dan rhinitis atau pilek. Selain itu, gejala infeksi saluran pernapasan akut, mencret, dan luka di bibir. Penyakit-penyakit itu pun bersifat individual.

“Penyakit yang ditemukan umumnya sakit mata dan rhinitis, gejala ISPA, mencret, dan orf. Sifatnya individual,” kata Kustri melalui pesan WhatsApp, Sabtu (10/8/2019).

Penyakit mata banyak ditemukan pada domba. Petugas pun langsung memisahkan hewan-hewan berpenyakit dan melakukan pengobatan. Penanganan cepat agar keadaan hewan-hewan itu pulih. Namun demikian, penyakit-penyakit yang ditemukan tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Selain di lapak penjualan, petugas akan melakukan pemeriksaan pada tempat penyembelihan hewan kurban. Tepat pada Hari Raya Iduladha 1440 Hijriah, Minggu (11/8/2019). Kustri belum dapat memastikan berapa tempat pemotongan hewan kurban tahun ini. Jika pada tahun 2018 lalu, tempat pemotongan hewan kurban sebanyak 1.156 titik.

“Tanggal 11 Agustus 2019 akan dilaksanakan pemeriksaan post mortem di tempat-tempat penyembelihan hewan kurban di 29 kecamatan,” pungkas Kustri. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya