oleh

ASKAB PSSI Tangerang Gelar Liga U-14 dan U-16

Tangerang7.com, Cisauk – Asosiasi Kabupaten Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (ASKAB PSSI) Tangerang menggelar liga untuk pesebak bola junior U-14 dan U-16. Liga sepak bola ini akan bergulir selama tiga bulan ke depan di Stadion Mini Cisauk.

Tendangan pertama sebagai tanda pembukaan liga dilakukan oleh Ketua ASKAB PSSI Tangerang Eka Wibayu, Minggu (25/8/2019). Eka didampingi Ketua Asosiasi Sekolah Sepak Bola Kabupaten Tangerang (ASSKaT) Ifat Fathunur dan Ketua Badan Liga ASKAB PSSI Tangerang U-14 dan U-16 Mardani.

Eka mengatakan, liga sepak bola tersebut bagian dari program ASKAB PSSI Tangerang dengan ASSKaT sebagai operator pelaksana. Dari 64 sekolah sepak bola atau SSB di Kabupaten Tangerang, hanya 36 SSB yang turut dalam perhelatan itu. Pasalnya, 28 SBB lainnya tidak memiliki pesepak bola usia 14 dan 16 tahun.

“Pembinaan ini akan terus berjenjang hingga sampai ke tingkat provinsi maupun tingkat nasional. Baik itu melalui piala Menpora maupun Soeratin yang dilaksanakan PSSI nasional,” ujar dia dalam keterangan tertulis.

Eka berharap, melalui kompetisi tersebut akan muncul bibit-bibit pemain sepak bola dari U-14 dan U-16 di wilayah Kabupaten Tangerang. Sehingga, atlet-atlet sepak bola berbakat itu akan membawa harum nama Kabupaten Tangerang maupun Indonesia. “Itulah tugas kita untuk melakukan pembinaan ini,” kata dia.

Sementara itu, Ifat Fathunur mengatakan, kegiatan ini merupakan perhelatan kedua. Sebelumnya, ASSKaT menggelar liga untuk usia 12 tahun (U-12).

“Kami berharap lahir bibit-bibit baru untuk pesepak bola Kabupaten Tangerang untuk berlaga di tingkat nasional. Pemain-pemain bertalenta akan kami masukkan ke Persita, khususnya pemain yang berprestasi,” ujar Ifat.

Dia menyebutkan, jenjang usia 14 dan 16 tahun tak lama lagi bergabung dengan klub. Sehingga, liga tersebut sangat strategis untuk menyeleksi pesebak bola bertalenta. “Harapan saya akan lahir pemain yang bertalenta yang akan diseleksi jadi pemain di Persita dan Pemprov dan untuk kegiatan-kegiatan skala nasional,” ucap dia.

Menurut Ifat, selain berpeluang memperkuat skuat Pendekar Cisadane, pemain berbakat akan dimasukkan ke tim Soeratin dan dikirim ke turnamen tingkat internasional.

Hal senada disampaikan Mardani. Dia mengatakan, liga U-14 dan U-16 itu dipersiapkan sejak dua tahun lalu. Sehingga, kegiatan diharapkan berjalan maksimal. “Karena yang namanya liga kami upayakan berjalan profesional. Salah satu syaratnya profesional itu adalah mainnya di stadion,” kata dia.

Mardani menyebutkan, liga tersebut untuk membentuk karakter, membina, dan menambah jam terbang pemain agar lebih baik. “Insyaallah dengan konsep yang kami rencanakan ini ke depannya banyak bakat-bakat pemain sepak bola Kabupaten Tangerang yang bisa mengharumkan nama Kabupaten Tangerang, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional,” pungkas dia. (rls/odo)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya