oleh

Antisipasi Stok Darah Menurun, PMI Sasar Pendonor Nonmuslim

Tangerang7.com, Tangerang – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang menargetkan sasaran kelompok donor darah untuk menjaga stok kantong darah selama Ramadan. Jenis kelompok ini yaitu pendonor darah dari instansi pemerintah atau swasta, dan kalangan nonmuslim.

“Untuk kelompok donor kita alihkan kegiatannya di bulan puasa inu,” kata Agus Kurnia, Kepala Subdirektorat Laboratorium Pengolahan Komponen Darah PMI Kota Tangerang, Senin (06/05/2019).

Untuk pelaksanaannya, petugas dan relawan PMI akan langsung datang ke lokasi. “Ada instansi mau mengadakan donor darah di bulan Januari atau Maret, kami geser di bulan Mei untuk pengumpulan stok darahnya. Di situ sebagai antisipasi juga. Kami datangin langsung ke sana,” kata Agus.

Agus menyampaikan, bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa, juga bias tetap mendonorkan darahnya. Ia memberi syarat jika ingin mendonorkan darah pada jam dan situasi yang tepat seperti di waktu sahur, setelah berbuka puasa dan setelah menjalankan salat tarawih.

“Kalau kondisi fisik calon pendonor baik atau tidak ada masalah, bisa langsung datang ke PMI Kota Tangerang untuk mendonorkan darahnya. Selama kondisinya fit tidak masalah untuk donor, tidak membatalkan puasa,” kata Agus.

Menurut Agus, biasanya pada bulan puasa jumlah pendonor akan turun 60 hingga 70 persen. Saat ini, stok yang tersedia sudah sekitar 18 ribu kantong darah,” katanya.

Adapun ketersediaan darah di PMI Kota Tangerang per harinya ada sebanyak 300 kantong darah. (odo/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya