oleh

Akun Facebook Pegawai Pemkot Di-Hack, Isinya Dituding Hina Babu

Tangerang7.com, Tangerang – Status akun Facebook pegawai Inspektorat Kota Tangerang, Amelia Fitriana, viral di media sosial. Statusnya banjir kritikan karena dianggap merendahkan babu atau pembantu rumah tangga.

Pejabat Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Tangerang Kota Tangerang Mualim mengatakan pegawai Inspektorat Kota Tangerang, Amelia Fitriana, akan melakukan klarifikasi tentang viralnya statusnya di akun media sosial Facebook.

“Hari ini Amelia akan memberikan klarifikasi kepada media,” kata Mualim, Selasa (18/06/2019).  Sebelum Amelia melakukan klarifikasi langsung, Mualim menjelaskkan bahwa akun Facebook Amelia tersebut dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Betul dia pegawai Inspektorat Kota Tangerang yang akun media sosialnya dihack orang tak bertanggung jawab,” ujar Mualim.

Amelia Fitriani dikritik keras di media sosial. Akun Facebook Amelia pun banjir kritik karena memposting foto dirinya sedang makan-makan di sebuah restoran dengan berseragam safari coklat.

Bukan foto dirinya yang menuai kritik, melainkan komentarnya. Pada akhir tulisan itu disertai emoticon tertawa. Komentar yang membuat ribuan warga net geram dan menghujat balik Amelia itu ditulis adalah, “Kegiatan hari ini reoni makan2 emangnya qmu babu kerjaan cuma ngosek WC,” kata Amelia dalam statusnya.

Namun akun Amelia Fitriani saat ini sudah hilang dari laman Facebook. Tetapi tautan dengan banjir komentar itu terus dikrim berantai hingga menuai kritikan pedas.

“Saya tidak pernah menulis keterangan apa pun dalam laman akun Facebook saya,” kata Amelia melalui klarifikasinya seperti dilansir Tempo.

Ibu tiga anak itu meyakini akun media sosialnya itu dihack orang yang tidak bertanggung-jawab. Indikasinya, kata dia, dirinya curiga sejak Jumat pagi, 14 Juni 2019, akun Facebooknya tidak bisa dibuka.

“Jumat pagi itu saya mau buka Facebook, tapi tidak bisa. Karena sudah ada panggilan baris untuk apel pagi, saya tidak lanjutkan membukanya,” kata Amelia.

Baru lah setelah apel pagi, dia mencoba membuka lagi. Namu, tetap tidak bisa dan harus registrasi ulang. Amelia semakin yakin akunnya dibajak orang saat keponakannya pada Minggu 16 Juni 2019 menelepon dan bertanya apakah akunya dihack.

“Keponakan saya hanya tanya apakah dihack, dan saya mengiyakan Facebook saya dihack. Pada saat itu saya belum tahu isi postingan itu,” ujar Amelia.

Meski begitu Amelia berupaya membuat akun baru dan menuliskan permintaan maaf sebagai klarifikasi bahwa dia tidak pernah menulis dan akunnya dihack. Tetapi alih-alih klarifikasi diamini warga net, malah mereka makin keras menghujat.

“Sampai saat ini saya tidak tahu isi postingan dan komentar apa pun di dalamnya. Saya putuskan untuk menutup akun baru Facebook,” kata Amelia.

Atasan Amelia di Inspektorat Kota Tangerang, Tubagus Sanny, mengatakan pada Senin 17 Juni 2019, sudah menemui Ameia. “Saya mendapat jawaban kalau Amelia tidak pernah menulis apa pun dan sudah lama tidak menulis postingan apa pun,” kata Sanny.

Karena dia yakin pengakuan dengan anak buahnya itu, lalu Sanny melaporkan ke Pelaksana Tugas (plt) Inspektorat, Dadi Budaeri, yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kota Tangerang.

“Foto itu diambil 2017 silam. Itu acara makan siang di rumah makan di bilangan Alam Sutera Tangerang. Di foto itu ada saya. Duduk di depan saya, Amelia. Dari sembilan pegawai Inspektorat malah satu orang sudah pensiun,” kata Sanny. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya