oleh

Akreditasi Rumah Sakit Kedaluwarsa, 11 RS Putus Kontrak dengan BPJS

Tangerang7.com, Tangerang – Sejumlah rumah sakit di Tangerang kembali putus kontrak dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penyebabnya, rumah sakit tersebut sudah habis masa berlaku akreditasinya.

Informasi yang dihimpun Tangerang7.com Sabtu (04/05/2019), ada sedikitnya 11 rumah sakit di Kota dan Kabupaten Tangerang yang sudah habis akreditasinya pada Februari-Maret. Saat ini rumah sakit tersebut sedang dalam proses mengajukan akreditasi.

Pengumuman penghentian sementara layanan BPJS Kesehatan ini beredar pada 30 April 2019. Penghentian sementara layanan itu diberlakukan mulai Rabu, 1 Mei 2019. Sejumlah rumah sakit pun terpaksa membatalkan jadwal pelayanan pasien BPJS Kesehatan, termasuk jadwal operasi pasien.

Seorang dokter di salah satu rumah sakit di Tangerang, dr Wisnu Pramudito D Pusponegoro, Sp.B mengeluhkan terhentinya kerja sama dengan BPJS Kesehatan yang menghambat sejumlah layanan bagi pasien. Akreditasi rumah sakit tempatnya bekerja berakhir pada 17 Februari 2019 dan sedang dalam proses mengurus akreditasi yang baru.

Menurutnya, ada beberapa kendala dalam proses akreditasi. Kendala yang dimaksud adalah proses penjadwalan survei dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Ada beberapa rumah sakit yang sudah mengajukan akreditasi tapi masih menunggu penjadwalan.

“Ada rumah sakit yang mengajukan akreditasi Januari tapi dijadwalkan kunjungan KARS baru Mei. Pengajuan akreditasi kan panjang. Ada juga rumah sakit yang sudah disurvei KARS akhir Maret tapi kan belum ada hasilnya. Prosesnya makan waktu sebulan,” kata dr Wisnu.

Hal tersebut menjadikan petugas rumah sakit kecewa. Apalagi kabar pemutusan kontrak dengan BPJS Kesehatan yang terkesan tiba-tiba dan dadakan. (t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya