oleh

9 Tanggul Jebol Diterjang Banjir, Ini Langkah DPU Kota Tangsel

Tangerang7.com, Ciputat – Sebanyak 9 tanggul di wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jebol diterjang banjir, 1 Januari 2020 lalu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan, 4 dari 9 tanggul yang jebol itu merupakan wewenang pemerintah pusat. Terletak di Villa Mutiara, Villa Pamulang, Graha Mas, dan Permata Pamulang.

Adapun 5 tanggul lainnya adalah kewenangan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel. Kelima tanggul itu terletak di Kampung Bulak, Maharta, Nerada, Pondok Pucung, serta Puri Bintaro Indah.

Aries menyebut, penanganan pertama pada tanggul yang jebol yakni membersihkan puing dan melaksanakan pekerjaan struktur.

“Tim PU sudah melakukan survei, dan kami akan merencanakan gambar serta RAB (Rencana Anggaran Biaya)-nya,” ujar dia dalam keterangan tertulis, 8 Januari 2020.

Perbaikan untuk 5 tanggul akan menggunakan APBD Kota Tangerang Tahun 2020. Di mana, dilakukan pergeseran anggaran pemeliharaan untuk tanggap darurat pasca-banjir. Sementara untuk perbaikan 4 tanggul lainnya, DPU Kota Tangsel melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dalam fase tanggap darurat ini, DPU Kota Tangsel memasang kantong pasir, cerucup bambu, dan bronjong pada tanggul yang jebol. Selain itu, melakukan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung – Cisadane.

“Untuk anggaran yang dibutuhkan sedang dihitung, dan ini akan diprioritaskan pada tanggul dan turap sungai yang jebol. Sedangkan untuk normalisasi akan dilakukan pada DAS Kali Ciputat, Serua, Cantiga, dan Cibenda,” pungkas Aries. (t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya