oleh

7 Profesi yang Terancam Punah, dari Teller Bank sampai Wartawan

Tangerang7.com, Tangerang – Semakin berkembang dan bertumbuhnya teknologi setiap tahunnya membuat banyak perubahan di dunia. Teknologi yang sejatinya diciptakan untuk bisa membantu manusia dalam menjalankan tugas dan pekerjaan, ternyata menyimpan sesuatu yang mengancam diri manusia itu sendiri. Salah satu bentuk ancaman tersebut adalah tergantinya pekerjaan atau profesi manusia oleh mesin.

Menurut analisis dari Glassdoor, situs komunitas pencari kerja, otomatisasi yang kini sedang menggejala di seluruh belahan bumi diprediksi memiliki kemungkinan 47 persen terjadinya fenomena penggantian pekerjaan atau profesi yang akan diambil alih oleh tenaga mesin.

Menurut Scott Dobroski, Ahli Komunitas Glassdoor, ada beberapa jenis pekerjaan dengan keterampilan rendah, seperti telemarketer yang kemungkinan besar akan digantikan perannya oleh tenaga mesin. Meski kini teknologi dan mesin telah menjadi hal yang sangat umum, tapi tidak semua pekerjaan nantinya akan bisa digantikan mesin.

Beberapa pekerjaan yang membutuhkan kreativitas atau skill multitasking dan kemampuan sosial tinggi seperti weeding planner (perencana pernikahan) tidak akan pernah tergantikan sampai kapan pun. Lalu pekerjaan atau profesi apa sajakah yang terancam hilang dan punah karena tergantikan oleh mesin ini? Berikut jenisnya seperti diulas maxmanroe.com.

1. Teller Bank

Profesi pertama yang terancam punah dan tergantikan mesin adalah teller bank. Bukti nyata bahwa profesi ini berpotensi digantikan mesin adalah munculnya teknologi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Dengan adanya ATM yang bisa menjalankan sebagian besar fungsi teller bank, masyarakat pun kini lebih memilih menggunakan mesin ini untuk berbagai keperluan seperti mengambil uang tunai, setor tunai, transfer dana, membayar tagihan, dan lainnya. Memang dengan memanfaatkan ATM, transaksi perbankan bisa lebih mudah dan menghemat waktu.

Apalagi kini dunia perbankan juga mengembangkan aplikasi teknologi ATM ini dengan meluncurkan mobile banking dan internet banking. Maka profesi teller bank ini pun akan semakin terancam hilang dan punah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya