oleh

6 Kurir PT Solusi Mega Artha Ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta

Tangerang7.com – Jajaran Polda Metro Jaya bersama petugas Bea dan Cukai menangkap enam kurir dari PT Solusi Mega Artha. Mereka kedapatan membawa uang asing dengan nilai Rp90 miliar di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (12/4/2019).

Keenam orang itu membawa uang asing dalam jumlah berbeda. Terdiri dari Gofur (Singapura) Rp17,4 miliar, Yunanto dan Edi Gunawan Rp42,050 miliar, Giono (Hong Kong) Rp12 miliar, serta Kevin dan Yudi (Bangkok) Rp18 miliar.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, penangkapan dilakukan sekitar pukul 21.00 WIB. Saat itu, penggeledahan kepada para penumpang yang baru tiba di bandara dilakukan seperti biasa. Ketika petugas menggeledah sejumlah orang dari penerbangan Singapura, didapati enam orang yang membawa uang asing dalam jumlah besar.

“Kita melakukan penggeledahan, ada barang masuk berupa koper yang dibawa oleh enam orang dari (penerbangan) Singapura pada malam hari. Kemudian setelah kita lakukan penggeledahan, ternyata berisi uang asing,” kata Argo seperti dikutip dari kompas.com, Senin (15/4/2019).

Enam kurir perusahaan swasta di Jakarta itu membawa sejumlah mata uang asing dari berbagai negara. Polisi langsung mengamankan enam kurir tersebut beserta uang asing yang dibawa. “Ada uang yen, (dolar) Singapura, real, Selandia Baru. Keseluruhan itu kalau kita kurs kan sekitar Rp90 miliar,” jelas Argo.

Polisi kini sedang melakukan penyelidikan asal uang asing yang didapatkan enam kurir tersebut. Para kurir dari PT Solusi Mega Artha itu mengaku mendapatkan uang asing setelah dibeli di luar negeri.

“Tapi kita kan sebagai penyidik perlu mempertanyakan dengan adanya uang sejumlah besar itu masuk ke Indonesia, buktinya mana kalau membeli dari luar negeri. Sampai saat ini belum bisa membuktikan. Mereka itu adalah pegawai money changer yang ada di Jakarta,” tandas Argo. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya