oleh

5 WNA di Tangsel Dicoret dari DPT Pemilu 2019

Tangerang7.com, Serpong – Sebanyak 8 warga negara asing atau WNA masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. 5 orang diantaranya berada di Kota Tangerang Selatan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten memastikan para WNA itu tidak memiliki hak pilih pada 17 April mendatang.

Komisioner KPU Provinsi Banten Agus Sutisna mengatakan, 8 WNA ditemukan masuk dalam DPT di tiga kota, yakni Cilegon, Serang, dan Tangsel. Data tersebut terdiri dari 4 orang berdasarkan temuan Kementerian Dalam Negeri dan 4 orang berdasarkan laporan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

“Empat WNA berdasarkan temuan Kemendagri yang dikirim melalui KPU RI ke KPU Provinsi Banten, sementara empat lainnya berdasarkan laporan Disdukcapil di tiga kota. Cilegon 2, Serang 1, dan Tangsel 5,” jelas Sutisna kepada Tangerang7.com saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler, Jumat (8/3/2019).

Adapun para WNA itu langsung dicoret dari DPT. Namun sebelum mencoret, KPU mencocokkan dengan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), lalu melakukan verifikasi faktual di lapangan. Berita acara verifikasi memuat data 8 WNA berupa fotokopi KTP dan KK.

“Regulasinya kan sangat jelas bahwa WNA yang masuk DPT itu tentu dicoret dan sudah kita coret. Begitu ditemukan ya langsung dicoret,” tandas Sutisna.

Dia mengatakan, sejauh ini hanya 8 WNA ditemukan masuk dalam DPT Pemilu 2019 di Provinsi Banten. KPU juga terus melakukan pemeriksaan dan pencermatan DPT Hasil Perbaikan II. Sutisna menegaskan, WNA tidak memilikI hak pilih pada pesta demokrasi di Indonesia.

“WNA tidak punya hak pilih. Yang punya hak pilih kan WNI (warga negara Indonesia),” pungkasnya. (srh/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya