oleh

5 Sopir Ditilang Lantaran Memarkir Kendaraan di Bahu Jalan

Tangerang7.com, Cikupa – Satlantas Polresta Tangerang gencar melaksanakan patroli penertiban kendaraan bermotor yang terparkir di bahu jalan.

5 sopir angkutan barang ditilang karena memarkir kendaraan di bahu jalan, Rabu (15/1/2020) pagi. Kelima sopir itu memarkir pikap hingga kontainer di Jalan Raya Serang, KM 22 Kawidaran, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

“Ini hasil operasi pagi saja. Patroli penertiban akan terus dilakukan sepanjang waktu,” kata Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol I Ketut Widiarta dalam keterangan tertulis.

Menurut dia, kendaraan yang diparkir di bahu jalan rata-rata angkutan barang, seperti mobil boks, kontainer, dan pikap. Biasanya, pengemudi beralasan sedang beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Namun pada kenyataannya, banyak kendaraan yang terparkir di bahu jalan dengan durasi cukup lama. “Kadang dari malam sampai pagi, bahkan siang,” ujar Ketut.

Dia menjelaskan, bahu jalan adalah bagian dari badan jalan yang merupakan salah satu ruang manfaat jalan. Badan jalan meliputi jalur lalu lintas dengan atau tanpa jalur pemisah dan bahu jalan. Tiap orang dilarang memanfaatkan ruang manfaat jalan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan.

“Yang dimaksud dengan terganggunya fungsi jalan adalah berkurangnya kapasitas jalan dan kecepatan lalu lintas antara lain dengan menumpuk barang di bahu jalan, berjualan di badan jalan, parkir, dan berhenti untuk keperluan lain selain untuk keadaan darurat,” urai Ketut.

Sementara itu, Kasubnit Turjawali Satlantas Polresta Tangerang Ipda Hajaji menyebut, memarkir kendaraan di bahu jalan berpotensi mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Pada jam-jam sibuk, keberadaan kendaraan yang terparkir di bahu jalan menjadi salah satu penyebab kemacetan.

“Biasanya mereka (pengemudi) memarkir di tempat yang gelap, sehingga tak terlihat oleh pengendara lain yang berkecepatan tinggi. Ini bisa menimbulkan kecelakaan,” tandas Hajaji. (rls/*)

Bagikan:
BACA JUGA:  Puncak HUT Kabupaten Tangerang Diisi Kegiatan Malam Amal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya