oleh

5.233 STNK Ditahan Selama Operasi Zebra 2019

Tangerang7.com, Tigaraksa – Satlantas Polresta Tangerang mengakhiri Operasi Zebra Kalimaya 2019, hari ini, Selasa (5/11/2019). Sejak digelar pada 23 Oktober 2019 lalu, ribuan pengendara ditilang lantaran melakukan pelanggaran lalu lintas.

Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol I Ketut Widiarta mengatakan, Operasi Zebra Kalimaya 2019 dilakukan selama 14 hari berturut-turut. Alhasil, sebanyak 6.170 pengendara terjaring tidak mematuhi aturan berlalu lintas.

“Data hasil penindakan selama Operasi Zebra Kalimaya 2019 di wilayah hukum Polres Kota Tangerang berjumlah 6.170 tilang,” ujar Ketut dalam keterangan tertulis di Tigaraksa.

Adapun barang bukti pelanggaran tersebut polisi menahan sebanyak 911 keping SIM, 5.233 lembar STNK, dan 26 unit sepeda motor. Pelanggaran, kata Ketut, lebih banyak ditemukan pada pengendara sepeda motor.

Pengendara rata-rata tidak dapat menunjukkan surat-surat berkendara, baik SIM maupun STNK. Ada juga pengendara atau penumpang tidak menggunakan helm, melawan arus lalu lintas, serta kendaraan menggunakan rotator.

“Kemudian, tanpa menggunakan sabuk keselamatan, pengendara di bawah umur atau pelajar tanpa SIM, dan lain-lain,” jelas Ketut.

Sementara itu, KBO Satlantas Polresta Tangerang Iptu I Made Artana mengatakan, Operasi Zebra Kalimaya 2019 bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan para pengendara kendaraan bermotor dalam berlalu lintas.

Melalui kegiatan tersebut masyarakat diajak untuk patuh terhadap aturan lalu lintas. Seperti melengkapi diri dan kendaraan dengan surat resmi, mengenakan helm berstandar SNI, mengenakan sabuk keselamatan, tidak melawan arus, berkendara sesuai kapasitas kendaraan, serta pengendara tidak di bawah umur.

“Pola penindakan selain dilaksanakan dengan cara stasioner, juga dilaksanakan dengan cara mobile atau hunting system pada daerah rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran,” pungkas Made. (odo/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya