4.975 Pemilih di Kota Tangerang Mencoblos Lagi 27 April

Tangerang7.com, Tangerang – Ribuan pemilih di Kota Tangerang kembali melakukan pencoblosan untuk Pemilu 2019. Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang menjadwalkan pemungutan suara ulang atau PSU di 22 TPS. Hal itu menyusul rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu Kota Tangerang.

Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra mengatakan, PSU akan dilaksanakan pada Sabtu (27/4/2019) mendatang. KPU memiliki pertimbangan tersendiri dalam menentukan jadwal PSU, di mana selain memaksimalkan sosialisasi juga bertepatan di akhir pekan. 22 TPS tersebut tersebar di enam kecamatan dengan pengguna hak pilih sebanyak 4.975 pemilih.

Ia menjelaskan, PSU tidak semua dilakukan untuk lima jenis surat suara seperti pada 17 April lalu. Hanya ada dua TPS dengan lima jenis surat suara, yakni TPS 14 Manis Jaya dan TPS 31 Jatiuwung. Pemilih pada dua TPS ini akan mencoblos surat suara terdiri dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR, DPD, DPRD Provinsi Banten, dan DPRD Kota Tangerang.

Lima TPS lainnya hanya untuk PPWP, 13 TPS untuk pemilihan anggota DPR, dan dua TPS untuk pemilihan legislatif tingkat Kota Tangerang. Alasan PSU pun tidak sama tiap TPS, paling banyak akibat kekurangan surat suara namun pemungutan suara tetap dilanjutkan.

“Perlu kami sampaikan bahwa di 22 TPS tersebut tidak sepenuhnya lima jenis surat suara melakukan PSU. Sebaran itu ada di enam kecamatan, 10 kelurahan, dengan jumlah pemilih 4.975,” kata Indra -sapaan akrab Ahmad Syailendra- dalam konferensi pers, Senin (22/4/2019).

KPU Kota Tangerang akan memanfaatkan waktu beberapa hari ke depan untuk melakukan sosialisasi mengenai pelaksanaan PSU. Salah satu cara KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih yakni memasang spanduk di sekitar TPS.

“Batas akhir (PSU) 10 hari setelah hari pemungutan suara. (Memilih pelaksanaan di hari Sabtu) melihat kondisi waktu di hari libur agar partisipasi pemilih tinggi,” ucap Indra. (odo/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya