oleh

381 Orang Gila di Tangerang Masuk DPT Pemilu 2019

TANGERANG – Sebanyak 1.380 pemilih kategori tunagrahita atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) masuk dalam DPT Pemilu 2019 di Provinsi Banten. 381 orang di antaranya tersebar di Tangerang. Di mana 207 pemilih di Kota Tangerang, 116 pemilih di Kabupaten Tangerang, dan 58 pemilih di Kota Tangerang Selatan.

Adapun 999 pemilih tunagrahita lainnya terdiri dari 471 orang di Kabupaten Serang, 216 orang di Kabupaten Lebak, 175 orang di Kabupaten Pandeglang, 89 orang di Kota Cilegon, dan 48 orang di Kota Serang. Data tersebut berdasarkan pleno KPU Banten dalam rangka penetapan DPTHP-2.

Komisioner KPU Banten Agus Sutisna mengatakan, pleno KPU bersama Bawaslu pada Rabu (12/12) telah menyepakati daftar pemilih tetap hasil penyempurnaan (DPTHP) sebanyak 8.112.477 pemilih. Angka itu berkurang 7.938 dari penyempurnaan tahap pertama sebanyak 8.120.415 pemilih. 

Di dalamnya terdapat pemilih disabilitas mulai dari tunadaksa, tunanetra, tunarunggu, tunagrahita atau ODGJ, dan disabilitas lainnya. Data tersebut, kata Agus, hasil tim KPU yang melakukan pendataan ke rumah warga, panti rehabilitasi sampai yayasan. Agus menyampaikan, ODGJ memiliki hak pilih berdasarkan regulasi KPU serta rekomendasi Bawaslu dan diatur undang-undang.

“Mereka (tunagrahita atau ODGJ) harus punya surat keterangan dari dokter jiwa yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sembuh atau bisa memilih,” ujar Agus kepada Tangerang7.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (13/12/2018).

Kemudian, sebelum masuk ke bilik suara, ODGJ akan diperiksa oleh KPPS. Di setiap TPS juga disediakan khusus kolom pemilih bagi penyandang disabilitas. “Difasilitasi berupaya pendampingan oleh petugas KPPS yang disumpah jika diperlukan,” tandas Agus. (srh/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya