oleh

30 Warga Binaan Rutan Kelas I Tangerang Dilatih Jadi Jumantik

Tangerang7.com, Jambe – Puluhan warga binaan pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara Kelas I Tangerang dilatih untuk menjadi juru pemantau jentik atau Jumantik. Pelatihan dilaksanakan di Masjid Baiturahman, Rutan Kelas I Tangerang, Jalan Pacing Raya, Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, Rabu (13/3/2019).

Dokter Rutan Kelas I Tangerang Uliyanti Panjaitan mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Setidaknya, ada 30 warga binaan pemasyarakatan yang dibekali pengetahuan seputar fungsi dan cara kerja Jumantik.

Pelatihan bertujuan untuk membentuk kader kesehatan yang aktif dan paham akan peran Jumantik. Terlebih karena saat ini musim pancaroba dan penyakit demam berdarah dengue (DBD) mewabah. Sehingga perlu dilakukan langkah pencegahan penyakit yang ditularkan nyamuk aedes aegypti itu.

“Membentuk kader kesehatan yang aktif dan paham akan perannya sebagai pemantau dan pembasmi jentik-jentik nyamuk di kamar hunian, sebagai upaya pencegahan penyakit DBD,” ujar Uliyanti dalam keterangan tertulis.

Di musim hujan, kata dia, aedes aegypti mudah berkembang biak lantaran banyak genangan. Sehingga kehadiran Jumantik sangat penting, guna membasmi jentik-jentik vektor pembawa penyakit menular.

Adapun pemberantasan sarang nyamuk dapat dilakukan dengan sistem 3M. Yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak terpakai dan dapat menyebabkan nyamuk berkembang biak.

“Saya harap dengan ada kegiatan ini para WBP juga sadar akan kebersihan lingkungan kamar, di dalam blok maupun di luar blok,” tandas Uliyanti. (rls/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya