oleh

30 Truk Terjaring Razia Dishub Kabupaten Tangerang

LEGOK – Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang menggelar razia di Jalan Raya Legok, Desa Cirarab, Kecamatan Legok, Rabu (28/11/2018). Personel TNI dan Polri turut melakukan pendampingan. Puluhan sopir ditilang.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Tangerang Norman Faviq mengatakan, razia itu merupakan agenda rutin bersama Dishub Provinsi Banten. Sasaran kali ini adalah kendaraan angkutan barang golongan III-V atau kendaraan dengan lebih dari 2 gandar roda.

“Razia gabungan seperti ini rutin kami lakukan, sasaran utama angkutan barang juga angkutan umum,” ujar Norman kepada Tangerang7.com.

BACA JUGA:  Pembatasan Jam Operasional Truk, Ini Kewenangan Dishub

Personel dishub melakukan pemeriksaan kepemilikan surat izin trayek dan surat pengujian kelayakan kendaraan bermotor (uji kir). Sementara pelanggaran aturan lalu lintas lintas lainnya seperti tidak memiliki SIM dan STNK, maka kewenangan kepolisian dalam melakukan penindakan.

Walhasil, dalam razia sekitar dua jam itu petugas menjaring sebanyak 30 unit truk yang tidak dilengkapi surat-surat. Ada juga yang kelebihan muatan bahkan kelebihan dimensi. Norman menegaskan, semua yang melanggar diberikan tindakan tegas berupa tilang.

“Hasilnya lumayan banyak, kendaraan terjaring sebanyak 30 unit. Ditilang semua. Rata-rata surat surat kendaraan tidak lengkap dan ada juga yang overload serta over dimensi,” jelas Norman.

Ia mengatakan, razia gabungan dapat mengurangi pelanggaran lalu lintas di jalan dan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

“Setiap pengemudi angkutan barang wajib memiliki kartu pengawasan, selain kendaraan memiliki izin trayek dan memiliki surat kir,” pungkas Norman. (srh/srh)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya