oleh

22 Ribu Lulusan SD di Kota Tangerang Tak Dapat Kursi SMP Negeri

Tangerang7.com, Tangerang – Sebanyak 33 ribu lulusan sekolah dasar (SD) se-Kota Tangerang berebut kursi sekolah menengah pertama (SMP) negeri pada Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tahun 2019. Sementara kuota hanya tersedia sekitar 11 ribu siswa.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kota Tangerang Eni Nurhaeni mengatakan, PPDB online tingkat SMP akan dibuka pekan depan. Dinas pendidikan tidak berjalan sendiri, tetapi menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang.

“Persiapan kami sudah siap dan bekerja sama dengan kominfo terkait PPDB online,” kata Eni, Selasa (25/6/2019).

Ia menjelaskan, jumlah SMP negeri di Kota Tangerang hanya 33 sekolah. Daya tampung untuk peserta didik baru mencapai 11 ribu orang. Adapun lulusan SD pada tahun 2019 sekitar 33 siswa, sehingga 22 ribu di antaranya dipastikan tidak mendapatkan kursi di SMP negeri.

Menurut Eni, sebagian besar lulusan SD di Kota Tangerang melanjutkan jenjang pendidikan ke SMP swasta. Selain itu, ada yang memilih pindah ke luar daerah.

“Yang akan keterima di sekolah negeri sekitar 11 ribu, itu karena sekolah negeri di Kota Tangerang hanya ada 33 sekolah. Jadi, sisanya akan masuk ke sekolah swasta dan sebagian kecil pindah ke luar wilayah,” ucapnya.

Eni pun menyarankan calon peserta didik baru untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu ke sekolah swasta dengan akreditasi A. Tujuannya, agar bisa pindah di kemudian hari pada SMP negeri yang masih memiliki kuota lebih.

“Kita berikan arahan, silakan daftar dulu ke sekolah swasta dengan akreditasi A. Nanti setelah satu semester dan anak itu mandapatkan rapor, bisa berpindah ke sekolah negeri dengan catatan di sekolah itu masih ada bangku yang kosong,” tandasnya. (odo/srh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya