oleh

189 Warga Negara Asing Dikembalikan ke Negara Asal

Tangerang7.com, Tangerang – Sepanjang tahun 2018, Kantor Imigrasi telah memulangkan 189 warga negara asing (WNA) yang tinggal di Banten ke negara asalnya masing-masing. Pada umumnya, mereka melakukan pelanggaran berupa overstay atau melebihi batas izin tinggal di Indonesia.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sutrisman mengatakan terjadi peningkatan jumlah WNA yang dikenakan tindakan administratif pada 2018 dibanding tahun sebelumnya.

“Untuk wilayah Banten telah memberikan tindakan administratif keimigrasian sebanyak 189 orang di tahun 2018 dan 112 orang di tahun 2017,” ucap Sutrisman kepada Tangerang7.com di sela peringatan Hari Bakti Imigrasi ke-69 yang berlangsung di Kantor Imigrasi Tangerang, Senin (28/01/2019).

Proses pemulangan para WNA yang berasal dari berbagai kasus pelanggaran itu tidak dilakukan secara serentak. Namun dilakukan sepanjang tahun ini. Sanksinya diberikan sesuai dengan tingkat pelanggaran. Pada umumnya pelanggaran yang dilakukan adalah karena overstay.

Rangkaian peringatan Hari Bakti Imigrasi ke-69 telah berlangsung sejak 1 bulan terakhir. Diawali dengan Layanan Paspor Simpatik setiap Sabtu sejak 29 Desember 2018.

Kepala Divisi Keimigrasian Kemekum HAM Banten Martahan Hutapea menyampaikan tahun 2019 adalah tahun politik yang harus disikapi secara bijak dan optimis untuk menyelesaikan target-target yang menjadi tanggung jawab jajaran Imigrasi secara tuntas dan berkualitas.

Untuk itu insan Imigrasi harus selalu berkoordinasi dengan berbagai unsur seperti kepolisian dan pemerintah daerah. “Sampai hari ini kami yakin pelayanan semakin baik dan tidak ada masalah,” katanya. (orn/t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya