oleh

110 Perusahaan BUMN Buka Lowongan Serentak untuk Lulusan SMA sampai S2

Tangerang7.com – Kabar baik bagi Anda lulusan SMA/SMK, vokasi, S1-S2 dan untuk penyandang disabilitas. Saat ini sedang ada lowongan kerja besar-besaran. Lowongan kerja ini dibuka oleh Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Program Perekrutan Bersama BUMN (PPBB) membuka peluang karier di 110 perusahaan BUMN dan membuka sebanyak 11 ribu posisi lowongan kerja. Sistem PPBB dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan.

Sekadar informasi, PPBB merupakan upaya Kementerian BUMN melalui FHCI untuk mencari dan mendapatkan serta mengembangkan talenta-talenta terbaik bangsa Indonesia melalui sistem perekrutan yang lebih terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan termasuk penyandang disabilitas.

Mekanisme rekrutmen PPBB dilakukan dengan standarisasi proses perekrutan secara bersama dan serentak dimulai dari satu pintu pendaftaran, tes BUMN Values, Tes Kemampuan Dasar, Tes Kemampuan Bidang, dan Pembekalan serta Pembetukan Karakter sebagai Karyawan BUMN.

Untuk persyaratan PPBB sendiri berbeda-beda antar-BUMN, sesuai dengan persyaratan jabatan yang membutuhkan pekerja baru. Secara umum di atur persyaratan berdasarkan jenjang pendidikan dan usia maksimum.

Nantinya, status pekerja disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing BUMN. Ada yang berstatus pegawai tetap maupun pegawai kontrak, baik di BUMN terkait maupun anak perusahaannya.

Dikutip Tangerang7.com dari laman rekrutbersama.fhcibumn.com, Kamis (07/03/2019), berikut informasi mengenai cara pendaftaran dan tahapan program perekrutan lowongan kerja tersebut:

Cara Pendaftaran

1. Buat akun pada website Perekrutan Bersama BUMN
2. Pilih Program Rekrut yang ingin diikuti
3. Isi dan lengkapi data pribadi.

Tahapan Program Perekrutan Bersama (PBB) BUMN

– Tahap 1 Pendaftaran & Seleksi Awal

Para Peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukan biodata pribadi, dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung

Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.

– Tahap 2 Seleksi Kemampuan Dasar

Sebelum melakukan psikotes, peserta harus memilih 3 posisi/BUMN. Pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Tentukan prioritas dan lakukan pertimbangan yang matang.

Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal, peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/ VNS Test (Verbal, Numerical & Spatial) atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara online.

– Tahap 3 Seleksi BUMN

Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, para peserta akan diseleksi oleh BUMN masing-masing. Minimal akan ada 3 sub-tahapan Seleksi BUMN:

1. Tes Kemampuan sesuai posisi pilihan
2. Interview Manajemen
3. Tes Kesehatan

Catatan:

Setiap hasil tes yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan di sini dan juga dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya