oleh

11 Penyandang Disabilitas Ikuti Ujian SIM D di Tigaraksa

“Setelah mengikuti serangkaian tes, kesebelas orang itu dinyatakan kompeten dan berhak memperoleh SIM D”

Tangerang7.com, Tigaraksa – Belasan penyandang disabilitas mendatangi Mako Satlantas Polresta Tangerang, Kelurahan Kadu Agung, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Kamis (21/11/2019). Tujuanya, untuk mengikuti ujian agar bisa mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM).

Untuk tertib berlalu lintas, keterbatasan fisik tidak menjadi alasan. Hal itu tergambar dari antusiasme 11 penyandang disabilitas saat mengajukan permohonan SIM D di Satpas SIM Polresta Tangerang. Meski harus mengikuti tes teori dan praktik, para pemohon SIM itu tetap percaya diri.

Kanit Regident Satlantas Polresta Tangerang AKP Roby Heri Saputra mengatakan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama untuk memiliki SIM. Proses penerbitan SIM D untuk penyandang disabilitas dan SIM lainnya pun sama.

Adapun perbedaan terletak pada alat uji praktik, yakni kendaraan bermotor. Di mana, spesifikasi bagi penyandang disabilitas disesuaikan. Jika pada umumnya ujian praktik menggunakan sepeda motor roda dua, penyandang disabilitas menggunakan sepeda motor beroda tiga atau hasil modifikasi.

“Penyesuaian kendaraan juga mengutamakan aspek keselamatan pengendara. Pemohon SIM D hari ini sebanyak 11 orang. Setelah mengikuti serangkaian tes, kesebelas orang itu dinyatakan kompeten dan berhak memperoleh SIM D,” jelas Roby.

Seorang pemohon bernama Munandar (41), mengaku mengajukan SIM D guna menunjang aktivitasnya. Pasalnya, warga Kecamatan Cikupa ini sehari-hari berjualan jajanan anak-anak di salah satu sekolah dasar dengan mengendarai sepeda motor hasil modifikasi.

“Biar nyaman bawa motornya, tidak kena tilang,” ujar dia. (t7)

Bagikan:

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya