oleh

104 Puskesos Diresmikan, Penanganan Masalah Sosial Makin Cepat

Tangerang7.com, Tangerang – Masyarakat Kota Tangerang kini makin mudah menyampaikan aspirasi maupun keluhan persoalan sosial kepada pemerintah daerah setempat. Pemerintah Kota Tangerang membentuk Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos).

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Puskesos dapat menjadi sinkronisasi berbagai satuan perangkat kerja daerah (SKPD) untuk bisa cepat mengatasi masalah-masalah sosial. Menurut dia, permasalahan sosial masyarakat harus segera ditangani.

“Yang awalnya masalah kesehatan oleh Dinkes, masalah pendidikan oleh Disdik, masalah penelantaran oleh Dinsos, sekarang semuanya bisa diadukan ke Puskesos,” jelas Arief usai meresmikan SLRT Puskesos di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Kamis (31/1/2019).

Jumlah Puskesos disesuaikan dengan jumlah kelurahan di Kota Tangerang, yakni 104 kelurahan. Ada sekitar 1.000 fasilitator yang bertugas mendata warga yang mengalami permasalahan sosial. Baik masalah kesehatan, pendidikan, bahkan sampai urusan administrasi.

“Akan ada 1.000 fasilitator, jadi tiap RW punya. Berarti ada 104 Puskesos,” ujar Arief.

Dia berharap keberadaan Puskesos di tiap kelurahan dapat menjadi tempat warga menyampaikan aspirasi dan keluhan mengenai permasalahan sosial.

“Kalau awalnya mereka bingung harus ngadu ke mana, sekarang warga tinggal ngomong, bisa curhat soal masalah sosial mereka ke petugas,” ujar Arief. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya