oleh

10 Venue Banten Didatangi Tim Verifikasi Fornas V

KELAPA DUA – Tim Verifikasi Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V Tahun 2019 menyambangi Kabupaten Tangerang. Tim yang berjumlah 5 lima orang ini berada di tanah Banten sejak Senin (26/11/2018). Tujuannya, melakukan penilaian terkait minat Provinsi Banten melalui Kabupaten Tangerang sebagai tuan rumah Fornas yang akan digelar tahun depan.

Tim Sukses yang dibentuk Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Banten dan FORMI Kabupaten Tangerang ini setidaknya memperlihatkan 10 lokasi atau venue untuk dinilai tim verifikasi. Selain Sport Center atau Stadion Benteng Taruna, juga ada 9 venue lainnya yang menjadi andalan Kabupaten Tangerang. Seperti Gedung Serbaguna Sport Center, Summarecon Mall Serpong (SMS), Q-Big Mall, Mega Store, Lapangan Froggy, ICE BSD, Aeon Mall, Xtreme Park BSD, dan Sirkuit ICON BSD.

“Semua venue di Kabupaten Tangerang ini sangat bagus karena sebagian besar sudah permanen. Ini akan menjadi penilaian tersendiri bagi tim verifikasi. Tapi nanti yang akan memutuskan adalah rapat pleno yang pesertanya pakar-pakar di bidangnya masing-masing. Tim verifikasi hanya akan memberikan penilaian berdasarkan tinjauan langsung,” kata Ketua Tim Verifikasi Djaenal Abidin Simanjuntak kepada Tangerang7.com di hari kedua peninjauan, Selasa (27/11/2018).

Djaenal mengakui, beberapa area di SMS sangat layak untuk menjadi lokasi lomba-lomba cabang olahraga kesehatan dan kebugaran (beragam senam) dan beberapa cabang lainnya. Begitu juga di Gedung Serbaguna Sport Center maupun Xtreme Park BSD. “Saya lihat, kalau Xtreme Park BSD sudah tinggal pakai,” imbuh Djaenal.

Tim Verifikasi Fornas V mendapatkan kehormatan untuk menanam pohon secara simbolis di sekitaran Stadion Benteng Taruna.

Kendati demikian, menurut Djaenal, ada beberapa persyaratan lain yang menjadi penilaian apakah daerah itu layak atau tidak menjadi tuan rumah Fornas V Tahun 2019. Tim verifikasi setidaknya membagi 4 kategori untuk penilaian. Pertama adalah dukungan dari stakeholder daerah. Dalam katagori ini, kata Djaenal, beberapa poin penting yang menjadi penilaian yaitu persoalan kesiapan anggaran, dukungan politik dari stakeholder di daerah, dukungan FORMI kabupaten dan kota, serta dinilai mampu mendapatkan perizinan penyelenggaraan.

Kategori penilaian kedua adalah luasan jejaring calon panitia. Seperti jumlah induk cabor yang ada di daerah itu, pernah melakukan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), adanya dukungan dari induk cabor provinsi, mampu menggalang massa, dan beberapa penilaian lain.

“Kategori penilaian ketiga adalah soal kepemilikan infrastruktur, terutama untuk venue-venue pertandingan dan pendukungnya,” tandas Djaenal.

Sementara kategori keempat yaitu dukungan finansial (sponsorship). Artinya, lanjut dosen Pascasarjana Universitas Indonesia ini, apakah daerah yang berminat jadi tuan rumah mampu mencari sponsorship bersama FORMI Nasional.

Pantauan Tangerang7.com, tim verifikasi lainnya seperti Perdaningrum, Suherman, dan Danil, terlihat serius mengamati berbagai sudut venue yang ditawarkan tim Banten dan Kabupaten Tangerang. Suherman dan Danil mengambil gambar dari berbagai sudut, bahkan melakukan pengukuran secara teliti untuk mengetahui luas panggung yang ada di SMS.

Begitu juga saat berada di Stadion Benteng Taruna, Bu Aning -sapaan akrab Perdaningrum- bertanya ke beberapa petugas soal posisi panggung yang tepat seandainya stadion yang baru diresmikannya ini dijadikan lokasi pembukaan dan penutupan Fornas V. “Bapak tadi bilang stadion ini baru dipakai Porprov Banten. Di mana posisi panggungnya waktu itu?” tanya wanita yang membidangi olahraga kesehatan dan kebugaran di FORMI Nasional tersebut.

Mendapat pertanyaan tersebut, Wahyu, petugas di stadion, menceritakan secara rinci. Termasuk tentang goyangan Via Vallen yang menjadi penghibur di pembukaan Porprov V Banten yang digelar 4 – 11 November 2018 lalu di Kabupaten Tangerang. Sekadar informasi, Porprov Banten adalah event dua tahunan milik KONI Banten yang digelar bergilir sebagai pencarian bibit atlet untuk dikirim ke PON. (t7)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya