oleh

10 Caleg Terpilih DPR RI Dapil Tangerang Dilantik di Senayan

Tangerang7.com, Tangerang – Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI terpilih hasil Pemilu 2019 dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Ketua Mahkamah Agung RI di Gedung DPR/MPR RI Senayan, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa (1/10/2019).

Dari jumlah 575 caleg terpilih DPR RI, sepuluh di antaranya berasal dari daerah pemilihan Banten tiga atau dapil Tangerang raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan).

Mereka yang berhasil melenggang ke Senayan adalah Rano Alfath dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sebelumnya Rano Alfath adalah anggota DPRD Banten dari Partai Hanura, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra yang merupakan petahana. Selain Sufmi, partai besutan Prabowo Subianto ini juga berhasil mengantarkan satu kader lainnya, yakni Martina.

Kemudian, caleg terpilih berasal dari PDI Perjuangan. Partai pemenang Pemilu 2019 ini berhasil meraih tiga kursi, masing-masing adalah Rano Karno yang merupakan mantan gubernur Banten, Marinus Gea yang merupakan petahana, dan Ananta Wahana yang sebelumnya anggota DPRD Banten.

Kursi lainnya diraih Partai Golkar satu kursi ditempati Andi Achmad Dara yang merupakan petahana, Mulyanto dari PKS yang merupakan pendatang baru di dapil Banten tiga. Ia menggantikan posisi Jazuli Juwaini yang pindah ke dapil Banten dua (Serang dan Cilegon).

Lalu, kursi selanjutnya ditempati politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga petahana, yakni Ali Taher dan ditempati kader Partai Demokrat yang merupakan pendatang baru, yakni Zulfikar. Politisi muda ini, dalam Pemilu 2019 menempati nomor urut tiga. Tapi, dengan kemampuan dan kapasitasnya, ia berhasil unggul dari calon nomor urut satu yang merupakan petahana, yakni Hartanto Edhie Wibowo.

Kendati demikian, bagi Zulfikar ini adalah kemenangan bersama. Ia akan berupaya maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat. “Saya mohon doa dan dukungan semua pihak agar saya dapat mengemban amanah ini, ” kata Zulfikar dalam satu kesempatan.

Sementara, Ananta Wahana mengaku bersyukur PDI Perjuangan memperoleh tambahan kursi di DPR RI dari dapil Banten tiga. Jika pada tahun 2014, PDI Perjuangan memperoleh dua kursi, pada Pemilu 2019 ini, memperoleh tiga kursi.

Diketahui, para caleg DPR RI terpilih untuk periode 2019-2024 ini dilantik bersama 136 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI terpilih periode 2019-2024. Anggota DPD RI ini, masing-masing provinsi diwakili empat orang. (net/kam)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Lainnya